Jaryawati, Jaryawati (2024) Kontribusi guru penggerak dalam meningkatkan motivasi pembelajaran PAI di Pulau Bangka. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_228101007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (917kB)
BAB I_228101007.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (295kB) | Request a copy
BAB II_228101007.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (325kB) | Request a copy
BAB III_228101007.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (120kB) | Request a copy
BAB IV_228101007.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (227kB) | Request a copy
BAB V_228101007.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (39kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_228101007.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (172kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA :
Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya motivasi siswa dalam pembelajaran PAI yang disebabkan beberapa faktor seperti metode pembelajaran PAI yang kurang menarik dan bervariasi, keterbatasan sarana dan prasarana pembelajaran PAI, kurangnya motivasi guru PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas guru PAI adalah dengan mengikuti program guru penggerak yang dapat meningkatkan peran guru menjadi lebih aktif, kreatif dan inovatif.
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk menganalisis kontribusi guru penggerak dalam meningkatkan motivasi pembelajaran PAI di Pulau Bangka, 2) untuk menganalisis implikasi program guru penggerak terhadap Guru Pendidikan Agama Islam di Pulau Bangka.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu dengan mencari sumber-sumber data langsung dari informan yaitu; Guru PAI yang sudah menjadi Guru Penggerak di SDN 6 Riau Silip Bangka dan SMAN 1 Koba Bangka Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan adanya kontribusi guru penggerak dalam meningkatkan pembelajaran PAI yang dibuktikan dengan adanya perubahan paradigma berpikir Guru PAI dalam menerapkan pembelajaran yang berpihak pada murid dan mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, sehingga motivasi siswa dalam pembelajaran PAI lebih meningkat. Berdasarkan hal tersebut disarankan semakin banyaknya guru PAI yang mengikuti program Guru Penggerak, maka dapat membawa perubahan besar dalam pembelajaran PAI. Guru PAI yang sudah menjadi guru penggerak lebih aktif dalam komunitas belajar dan selalu berbagi praktik baik kepada rekan sejawat dan menerima peluang yang menjadikan diri sebagai Kepala Sekolah sehingga mudah untuk membuat program-program kegiatan yang terkait dengan pembelajaran PAI khususnya dan mampu menerapkan ilmu yang telah didapat selama mengikuti program guru penggerak.
ENGLISH :
The background to this research is the lack of student motivation in PAI learning which is caused by several factors such as PAI learning methods that are less interesting and varied, limited PAI learning facilities and infrastructure, lack of PAI teacher motivation in improving the quality of learning. One effort to improve the quality of PAI teachers is to take part in a teacher motivator program which can increase the role of teachers to become more active, creative and innovative.
The aims of this research are 1) to analyze the contribution of driving teachers in increasing PAI learning motivation on Bangka Island, 2) to analyze the implications of the driving teacher program for Islamic Religious Education Teachers on Bangka Island.
This type of research is field research, namely by looking for data sources directly from informants, namely; PAI teacher who has become a Driving Teacher at SDN 6 Riau Silip Bangka and SMAN 1 Koba Central Bangka. The research method used is descriptive qualitative using primary and secondary data. Data collection was carried out through observation, interviews and documentation.
The results of the research show that there is a contribution from driving teachers in improving PAI learning as evidenced by a change in the thinking paradigm of PAI teachers in implementing learning that is pro-student and able to create a pleasant learning atmosphere, so that student motivation in learning PAI is further increased. Based on this, it is recommended that more PAI teachers take part in the Teacher Mobilization program, which can bring big changes in PAI learning. PAI teachers who have become driving teachers are more active in the learning community and always share good practices with colleagues and accept opportunities to become school principals so that it is easy to create activity programs related to PAI learning in particular and are able to apply the knowledge they have gained. while participating in the driving teacher program.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | kontribusi; guru penggerak dan motivasi pembelajaran PAI |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.0 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar, Ahli Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | M.Pd Jaryawati 30010700123 |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 05:02 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 05:10 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2273 |