Azzahrah, Qanithah Fairus (2024) Manajemen pembelajaran guru sejarah kebudayaan Islam di Mts Negeri 1 Manggar. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2011069.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_2011069.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (225kB) | Request a copy
BAB II_2011069.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (298kB) | Request a copy
BAB III_2011069.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (170kB) | Request a copy
BAB IV_2011069.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (205kB) | Request a copy
BAB V_2011069.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (36kB) | Request a copy
DAFTARPUSTAKA_2011069.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (181kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA :
Penelitian ini mengkaji mengenai bentuk manajemen pembelajaran guru Sejarah Kebudayaan Islam. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis planning, organizing, actuating, dan controling serta mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam memanajemen pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Negeri 1 Manggar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitiatif dengan pendekatan deskriptif, yakni dengan menjabarkan hasil penelitian yang mendalam dengan menguraikan data yang didapatkan. Lokasi penelitian ini di MTs Negeri 1 Manggar. Sumber diperoleh dari sumber data primer dan skunder. Subjek penelitian ialah seorang guru Sejarah Kebudayaan Islam MTs 1 Manggar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan mereduksi data yang telah diperoleh, selanjutnya disajikan dalam bentuk narasi dan penarikan kesimpulan yang didasarkan pada fakta lapangan yang telah ditemukan dari hasil penelitian.
Hasil penelitian didapatkan bahwa : Bentuk manajemen pembelajaran guru Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Negeri 1 Manggar yaitu Pertama, perencanaan (planning) yang mencakup pembuatan modul ajar dan persiapan keperluan dan bahan tambahan. Kedua, pengorganisasian (organizing) yang mencakup membersihkan lingkungan kelas. Ketiga, pelaksanaan (actuating) yang terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Keempat, evaluasi (controling) dengan menggunakan penilaian formatif. Kendala yang dihadapi guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam memanajemen pemebelajaran di MTs Negeri 1 Manggar adalah keterbatasan waktu pembelajaran. Dan metode pembelajaran yang kurang efektif sehingga menurunkan antusiasme siswa dalam mengikuti pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | manajemen pembelajaran; sejarah kebudayaan Islam |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 370.9 Sejarah Pendidikan, Lokasi Geografis Tertentu Pendidikan, pendidikan komparatif, perbandingan pendidikan, Ahli Pendidikan, Tokoh Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Qanithah Fairus Azzahrah |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 07:34 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 07:34 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2265 |