Hollijah, Hollijah (2024) Implementasi pendidikan inklusif bagi peserta didik berkebutuhan khusus : Studi kasus di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bangka Tengah. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_228101004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB_I_228101004.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (304kB) | Request a copy
BAB_II_228101004.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (369kB) | Request a copy
BAB_III_228101004.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (254kB) | Request a copy
BAB_IV_228101004.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (375kB) | Request a copy
BAB_V_228101004.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (176kB) | Request a copy
Daftar_Pustaka_228101004.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (237kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA :
Pendidikan inklusif adalah sebuah konsep yang menekankan pentingnya menyediakan akses pendidikan yang setara bagi semua peserta didik, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus. Madrasah, sebagai institusi pendidikan Islam, memiliki tanggung jawab sosial dan agama untuk menyediakan lingkungan pendidikan yang inklusif bagi semua anak-anak, tanpa memandang latar belakang mereka. Implementasi pendidikan inklusif di madrasah melibatkan berbagai aspek, antara lain peserta didik, pendidik, kurikulum, serta sarana dan prasarana. Penelitian implementasi pendidikan inklusif bagi peserta didik berkebutuhan khusus (studi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bangka Tengah) melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan imlementasi pendidikan inklusif di MIN 1 Bangka Tengah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: implementasi dilihat dari (a) aspek peserta didik, madrasah telah melaksanakan berupa identifikasi dan assesmen bagi anak berkebutuhan khusus; (b) aspek pendidik, pendidik masih merasa kesulitan dalam melayani peserta didik berkebutuhan khusus (c) aspek kurikulum, madrasah belum melakukan pengembangan kurikulum khusus peserta didik berkebutuhan khusus; (d) aspek sarana dan prasarana, sarana dan prasarana masih dalam pengembangan dan ditemukan 5 faktor yang mempengaruhi implementasi pendidikan inklusif yaitu a) pengetahuan tentang pendidikan inklusif b) pelatihan guru, c) sikap guru d) komunikasi guru dan peserta didik dan e) peran orang tua
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | implementasi; pendidikan inklusif; peserta didik berkebutuhan khusus |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Selpi Egitya |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 09:07 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 09:07 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2246 |