Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Pengaruh kualifikasi pendidikan pendidik terhadap kinerja di Pondok Pesantren Nurul Falah Airmesu Timur Bangka Tengah

Ropi'ah, Ropi'ah (2024) Pengaruh kualifikasi pendidikan pendidik terhadap kinerja di Pondok Pesantren Nurul Falah Airmesu Timur Bangka Tengah. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_228101019.pdf] Text
Halaman Awal_228101019.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I_228101019.pdf] Text
BAB I_228101019.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (279kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_228101019.pdf] Text
BAB II_228101019.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (331kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_228101019.pdf] Text
BAB III_228101019.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (514kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_228101019.pdf] Text
BAB IV_228101019.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (622kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_228101019.pdf] Text
BAB V_228101019.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (131kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_228101019.pdf] Text
Daftar Pustaka_228101019.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (182kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:

Pendidikan mempunyai tugas penting dalam menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu bersaing dalam berbagai bidang kehidupan. Kualitas pendidikan yang baik dapat dicapai salah satunya dengan memiliki pendidik dan tenaga pengajar yang memiliki kualifikasi dan kompetensi, termasuk penguasaan materi, integritas moral, dedikasi, kedewasaan, serta keterampilan teknis dalam mengajar. Tingkat profesionalitas seorang guru bisa diidentifikasi melalui kualitas kinerjanya. Pontren Nurul Falah Airmesu Timur merupakan lembaga pendidikan di Kabupaten Bangka Tengah yang memiliki isu terkait kualifikasi akademik dan kinerja pendidik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualifikasi pendidikan, kinerja, dan korelasi kualifikasi pendidikan terhadap kinerja pendidik di Pontren Nurul Falah.

Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi yang bertujuan untuk menganalisis hubungan antara dua variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah beberapa guru di Pontren Nurul Falah baik di tingkat MI, MTs, ataupun MA tahun ajaran 2023/2024 yaitu total sebanyak 77 orang dan dipilih secara random menggunakan teknik populist sampling. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dibagikan melalui google form kepada responden untuk memperoleh data-data statistik untuk dianalisis menggunakan bantuan IBM SPSS Statistics versi 24.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualifikasi pendidikan pendidik di Pondok Pesantren Nurul Falah Airmesu Timur Bangka Tengah tergolong sedang atau cukup tinggi yaitu 79,2% dengan komposisi kualifikasi pendidikan tertinggi yaitu Sarjana (S-1) sebanyak 74% dan berlatar belakang Ilmu Pendidikan sebanyak 63,6%. Adapun kualitas kinerja pendidik di Pondok pesantren Nurul Falah tergolong sedang yaitu 68,8% dengan tingkat ketepatan kerja tergolong sedang sebanyak 72,7%, tingkat inisiatif dalam kerja kategori cukup sebanyak 79,2%, kemampuan kerja tergolong sedang sebanyak 75,3%, dan komunikasi antarpersonal berkategori cukup sebanyak 70,1%. Selain itu, tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kualifikasi pendidikan terhadap kinerja pendidik di Pontren Nurul Falah dengan nilai t -2,68 dan p value (sig) sebesar 0,79 pada taraf signifikansi 5%. Kualifikasi pendidikan seluruh pendidik di Pontren Nurul Falah Air Mesu Timur sebaiknya harus memenuhi syarat dan kriteria yang telah ditetapkan pemerintah yaitu S1 dan linier untuk bidang mata pelajaran yang diajarkan. Penelitian lanjutan yang dapat dilakukan adalah mencari berbagai faktor lain yang berkorelasi secara signifikan dengan kinerja pendidik di Pontren Nurul Falah Air Mesu Timur.

ENGLISH:
Education plays a crucial role in preparing high-quality human resources capable of competing in various life sectors. Achieving quality education requires educators and teaching staff with proper qualifications and competencies, including subject mastery, moral integrity, dedication, maturity, and technical teaching skills. The professionalism of a teacher can be identified through the quality of their performance. Pontren Nurul Falah Airmesu Timur, an educational institution in Central Bangka Regency, faces issues related to the academic qualifications and performance of its educators. This study aims to examine the educational qualifications, performance, and the correlation between educational qualifications and educator performance at Pontren Nurul Falah. This research is quantitative and employs a correlational design to analyze the relationship between two variables. The population consists of 77 teachers from MI, MTs, and MA levels at Pontren Nurul Falah in the 2023/2024 academic year, selected randomly using porposive sampling techniques. Data were collected using a questionnaire distributed via Google Forms to gather statistical data for analysis using IBM SPSS Statistics version 24. The results showed that the educational qualifications of educators at Pontren Nurul Falah Airmesu Timur, Central Bangka, are moderate to high, at 79.2%, with the highest qualification being a Bachelor's degree (S-1) at 74%, and 63.6% having an educational background. The quality of educator performance is also moderate at 68.8%, with job accuracy at 72.7%, initiative at 79.2%, job capability at 75.3%, and interpersonal communication at 70.1%. Additionally, there is no significant affact of educational qualifications on educator performance at Pontren Nurul Falah, with a t-value of -2.68 and a p-value (sig) of 0.79 at a 5% significance level. It is recommended that the educational qualifications of all educators at Pontren Nurul Falah Airmesu Timur should meet the government-set requirements and criteria, namely a relevant S1 degree for the subjects taught. Future research should explore other factors significantly correlated with educator performance at Pontren Nurul Falah Airmesu Timur.

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: kualifikasi pendidik; kinerja; pondok pesantren; guru
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar, Ahli Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Ropi'ah -
Date Deposited: 12 Aug 2024 02:10
Last Modified: 12 Aug 2024 02:10
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2236

Actions (login required)

View Item
View Item