Meuthia, Putri Al (2024) Strategi pembelajaran pendidikan Agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) jenis tunagrahita pada beberapa SLB di Pangkalpinang & Kabupaten Bangka. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2011249.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (821kB)
BAB I_2011249.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (359kB) | Request a copy
BAB II_2011249.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (379kB) | Request a copy
BAB III_2011249.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (255kB) | Request a copy
BAB IV_2011249.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
BAB V_2011249.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (26kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_2011249.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (162kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini adalah Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Jenis Tunagrahita Pada Beberapa SLB di Pangkalpinang & Kabupaten Bangka. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru PAI dalam mengajar siswa berkebutuhan khusus jenis tunagrahita pada beberapa SLB di Pangkalpinang & Kabupaten Bangka (2) Mengetahui upaya yang dilakukan guru PAI dalam memahami karakteristik siswa berkebutuhan khusus jenis tunagrahita pada beberapa SLB di Pangkalpinang & Kabupaten Bangka.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang ingin mendeskripsikan secara mendalam mengenai strategi pembelajaran dan upaya guru PAI dalam memahami karakteristik siswa tunagrahita. Sumber data penelitian yang diperoleh adalah data primer dan sekunder. Subjek penelitian terdiri dari guru PAI pada beberapa SLB di Pangkalpinang & Kabupaten Bangka. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara tidak terstruktur, observasi dan dokumentasi sedangkan metode analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh guru PAI pada beberapa SLB di Pangkalpinang & Kabupaten Bangka menggunakan strategi ekspositori melalui lima tahapan yaitu menyusun perangkat ajar, penyajian strategi ekspositori, korelasi materi terhadap pengalaman siswa, memperkuat kognitif serta bentuk penugasan. Sedangkan upaya dalam memahami karakteristik siswa tunagrahita melalui tiga tahapan yaitu kemampuan intelektual siswa, kemandirian siswa dan tingkat konsentrasi. Secara keseluruhan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori pada saat menyampaikan materi pelajaran kepada siswa tunagrahita dan selalu berupaya dalam memahami karakteristiknya. Penelitian ini sependapat dengan Dani Putra Nofianto, Muhamad Arif dkk, Hanifah Ahlul Jannah, Aulia Sari dan Indah Muliati yang menyatakan penyajian materi berpusat pada guru dengan metode ceramah serta pengulangan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | strategi pembelajaran; karaktersitik tunagrahita |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.9 Pendidikan Khusus, Pendidikan Luar Biasa, Pendidikan Inklusif, Pendidikan Inklusi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Putri Al Meuthia |
Date Deposited: | 09 Aug 2024 05:45 |
Last Modified: | 09 Aug 2024 05:45 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2232 |