Pitra, Pitra (2024) Efektifitas model pembelajaran Cooperative Learning tipe Make a Match pada mata pelajaran akidah akhlak: Uji coba di Mts Nurul Huda Tempilang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2011211.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (987kB)
BAB I_2011211.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (256kB) | Request a copy
BAB II_2011211.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (317kB) | Request a copy
BAB III_2011211.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (498kB) | Request a copy
BAB IV_2011211.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (692kB) | Request a copy
BAB V_ 2011211.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (122kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2011211.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (66kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Skripsi ini membahas tentang Efektifitas Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make A Match Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Nurul Huda Tempilang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe make a match pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs nurul huda Tempilang. Model pembelajaran cooperative learning tipe make a match dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dan membuat siswa tidak jenuh dalam proses pembelajaran serta dapat berpengaruh pada hasil belajar yang dicapai, model pembelajaran ini mengajak peserta didik untuk mencari jawaban terhadap suatu pernyataan atau konsep melalui permainan kartu berpasangan. Dengan menggunakan model pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Nurul Huda Tempilang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan quasi eksperiment designs dan instrument pengumpulan data menggunakan tes,observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya yaitu menggunakan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe make a match efektif dalam meningkatkan hasil belajar akidah akhlak peserta didik. (2) Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yang signifikan ini terlihat dengan jumlah nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol yaitu 64,50 dalam kategori cukup. Sedangkan pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 74,50 dalam kategori baik sehingga nilai rata – rata kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol. (3) Model pembelajaran cooperative learning tipe make a match efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik ini dibuktikan dengan Uji independent – sample t-test pada hipotesis yaitu dengan thitung > ttabel yaitu 2,299 > 1,7396, dari hasil tersebut untuk hipotesis penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe make match efektif dalam meningkatkan hasil belajar pada mata akidah akhlak di MTs Nurul Huda Tempilang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | efektivitas; cooperative learning tipe make a match; hasil belajar materi akidah akhlak |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Pitra Pitra |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 02:12 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 02:15 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2221 |