Velyani, Melda (2024) Pengaruh Strategi Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Baca Tulis Al-Qur`an (BTQ) Siswa Kelas Lima SD Negeri 4 Puding Besar. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1811255.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1811255.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (320kB) | Request a copy
BAB II_1811255.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (431kB) | Request a copy
BAB III_1811255.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (666kB) | Request a copy
BAB IV_1811255.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (740kB) | Request a copy
BAB V_1811255.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (149kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1811255.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (160kB) | Request a copy
Abstract
Fokus penelitian ini berkenan dengan Pengaruh Pembelajaran Strategi Ekspositori Terhadap Hasil Baca Tulis Al-Qur`an (BTQ) Siswa Kelas Lima SD Negeri 4 Puding Besar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Strategi Ekspositori Terhadap Hasil Baca Tulis Al-Qur`an (BTQ) Siswa Kelas Lima SD Negeri 4 Puding Besar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan metode Regreasi linear sederhana. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas lima di SD Negeri 4 Puding Besar. Dan sampel penelitian ini berjumlah 32 secara keseluruhan. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik angket. Teknik instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas data.
Hasil penelitian ini menunjukkan variabel Pembelajaran Strategi Ekspositori (X) terdapat 32 siswa yang mengisi angket. Diperoleh hasil untuk Mean 51,53, Median 52,50, Mode 40,00, Standar Deviasi 12,750, Variance 162,580, Range 47,00, Minimum 29,00, Maximum 76,00, Summary 1649,00. Sedangkan variabel Hasil Baca Tulis Al-Qur`an (BTQ) (Y) terdapat 32 siswa yang mengisi angket. Diperoleh hasil untuk Mean 58,71, Median 59,00, Mode 52,50, Standar Deviasi 11,562, Variance 133.693, Range 42,00, Minimum 38,00, Maximum 80,00, Sum 1879,00. Maka dapat dikatakan bahwa pengaruh variabel Pembelajaran Strategi Ekspositori (X) terhadap variabel Hasil Baca Tulis Al-Qur`an (BTQ) (Y) adalah sebesar 48,8% sedangkan 51,2% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain seperti belajar baca tulis Al-Qur`an dirumah dan ada juga di TPA (Taman Pendidikan Al-Qur`an). Berdasarkan hasil uji T nilai Sig 0,00<0,05 maka Ha diterima sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara Pembelajaran Strategi Ekspositori terhadap Hasil Baca Tulis Al-Qur`an (BTQ).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran Strategi Ekspositori, Baca Tulis Al-Qur`an (BTQ). |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Melda Velyani |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 07:46 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 07:46 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2207 |