Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar pada penyandang tunagrahita di SLB YPAC Pangkalpinang

Cakrawala, Diah (2024) Peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar pada penyandang tunagrahita di SLB YPAC Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of HALAMAN AWAL_1815016.pdf] Text
HALAMAN AWAL_1815016.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (623kB)
[thumbnail of BAB I_1815016.pdf] Text
BAB I_1815016.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (193kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_1815016.pdf] Text
BAB II_1815016.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (184kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_1815016.pdf] Text
BAB III_1815016.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (114kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_1815016.pdf] Text
BAB IV_1815016.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (243kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_1815016.pdf] Text
BAB V_1815016.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (11kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_1815016.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_1815016.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (16kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA :

Kesulitan belajar merupakan kondisi dimana individu memiliki hambatan- hambatan yang dapat membuat ketidakefektifan proses belajar sehingga tidak tercarapainya tujuan belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru Bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar pada penyandang tunagrahita di SLB YPAC Pngkalpinang dan untuk mengetahui kesulitan belajar

Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, subjek yang digunakan dalam penelitian ini ialah guru bimbingan dan konseling dan juga guru kelas di SLB YPAC Pangkalpinang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil dari penelitian ini meyatakan bahwa anak tunagrahita terletak pada masalah perkembangan yang meliputi kemampuan kognitif, kemampuan Bahasa, dan juga mengalami masalah akademik seperti kemampuan dalam membaca dan menulis. Kemudian peran guru BK memberikan layanan bimbingan dan konseling, memberikan layanan informasi, membimbing peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: peran guru bk; kesulitan belajar
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Diah Cakrawala diah cakrawala
Date Deposited: 25 Jul 2024 04:50
Last Modified: 25 Jul 2024 04:50
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2197

Actions (login required)

View Item
View Item