Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Pengaruh pembelajaran proyek bermain peran pendidikan agama Islam untuk meningkatkan motivasi belajar pada kurikulum merdeka

Sari, Sri Wulan (2024) Pengaruh pembelajaran proyek bermain peran pendidikan agama Islam untuk meningkatkan motivasi belajar pada kurikulum merdeka. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_2011001.pdf] Text
Halaman Awal_2011001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I_2011001.pdf] Text
BAB I_2011001.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (224kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_2011001.pdf] Text
BAB II_2011001.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (298kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_2011001.pdf] Text
BAB III_2011001.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (231kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_2011001.pdf] Text
BAB IV_2011001.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (246kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_2011001.pdf] Text
BAB V_2011001.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (163kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_2011001.pdf] Text
Daftar Pustaka_2011001.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (73kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Latar belakang penelitian ini adalah pada saat pembelajaran pendidik masih menggunakan metode ceramah dan penugasan, serta adanya kegiatan P5 pada kurikulum merdeka.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan proyek bermain peran pendidikan agama Islam dan budi pekerti untuk meningkatkan motivasi belajar materi toleransi kelas XI 10 di SMAN 1 Sungailiat.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimental menggunakan Pre-Experimental Design dengan model desain One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI 10 SMAN 1 Sungaliat. Pengumpulan data dilakukan dengan dengan menggunakan kuesioner atau angket. Data dalam penelitian ini analisis uji instrument dan analisis keabsahan objek penelitian.

Hasil penelitian dapat peneliti simpulkan bahwa skor yang diperoleh dari hasil pre-test sebelum diberikan perlakuan/treatment yaitu dengan nilai rata-rata 69,03 dan post-test diperoleh skor dengan nilai rata-rata 81,94. Perolehan nilai mean pre-test dan post-test menunjukan bahwa terjadi peningkatan setelah diberikannya proyek
bermain peran. Kesimpulan ini juga dibuktikan dengan uji hipotesis t-tes dengan rumus uji paired sample test, didapatkan hasil nilai signifikan sebesar thitung > ttabel yaitu 13,555 > 2,045 dan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat dikatakan Ho ditolak dan Ha diterima, dengan demikian disimpulkan terdapat perbedaan hasil pre-test dan post-test pada kelas eksperimen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Proyek Bermain Peran; Kegiatan P5; Motivasi Belajar
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Sri Wulan Sari
Date Deposited: 26 Jul 2024 06:41
Last Modified: 26 Jul 2024 06:41
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2196

Actions (login required)

View Item
View Item