Akbar, Aidil (2024) Efektivitas model Teams Games Tournament (TGT) terhadap kemampuan kognitif siswa pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII di Pesantren Khoirul Ummah Payung. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2011066.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_2011066.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (526kB) | Request a copy
BAB II_2011066.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (751kB) | Request a copy
BAB III_2011066.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (718kB) | Request a copy
BAB IV_2011066.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V_2011066.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (491kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2011066.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (452kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh metode pembelajaran yang dilakukan guru selama ini kurang bervariasi dan guru kurang maksimal dalam menggunakan media pembelajaran sehingga siswa kurang tertarik dalam pembelajaran dan berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Untuk itu peneliti melakukan penelitian mengenai Efektivitas Model Teams Games Tournament (TGT) terhadap Kemampuan Kognitif Siswa pada Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII di Pesantren Khoirul Ummah Payung.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII Pesantren Khoirul Ummah Payung yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah 40 peserta didik. Teknik sampling menggunakan simple random sampling, dengan sampel kelas VIII B yang terdiri dari 20 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A yang terdiri dari 20 peserta didik sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui instrumen penelitian berupa tes. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design.
Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t-tes. Berdasarkan perhitungan t-tes dengan tarif signifikan = 5% diperoleh nilai r_hitung=3,154 dan r_tabel = 0, 4438. Hasil tersebut menunjukkan r_hitung > r_tabel yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti membuktikan bahwa model Teams Games Tournament (TGT) meningkatkan kemampuan kognitif pada mata pelajaran SKI. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 74,75 dan kelas kontrol (ceramah dan tanya jawab) = 59,75. Berdasarkan hasil perhitungan uji N-Gain score di atas, menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-Gain score untuk kelas eksperimen 62,2927 atau 62,3% termasuk dalam kategori cukup efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan metode TGT (Teams Games Tournament) dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII di Pesantren Khoirul Ummah Payung.
Kata-kata Kunci : Teams Games Tournament (TGT), kemampuan kognitif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | teams games tournament (tgt); kemampuan kognitif |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Aidil Akbar |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 03:52 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 03:52 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2183 |