Kolbia, Suci (2024) Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X di SMA Negeri 1 Puding Besar: Quasi Eksperimen. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2011008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_2011008.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (304kB) | Request a copy
BAB II_2011008.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (251kB) | Request a copy
BAB III_2011008.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (239kB) | Request a copy
BAB IV_2011008.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (333kB) | Request a copy
BAB V_2011008.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (99kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2011008.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (181kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Latar belakang dari penelitian ini adalah mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang dirasa membosankan dan monoton karena sering diajarkan dengan metode dan model pembelajaran yang kurang variatif sehingga peserta didik memiliki sifat pasif dalam belajar yang mengakibatkan kurangnya hasil belajar peserta didik terutama dalam hal berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsawnterhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X di SMA Negeri 1 Puding Besar.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan Quasi Eksperimental Design. Populasi yang digunakan adalah seluruh kelas X yang berjumlah empat kelas, sedangkan sampel yang diambil menggunakan teknik simple random sampling adalah kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes (pre-test dan post-test) yang masing-masing berjumlah 10 soal HOTS berbentuk essay. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t berupa Independent Sample T-Test.
Hasil penelitian ini yaitu pengujian hipotesis dengan Independent Sample T-Test menggunakan taraf signifikansi 5% (α = 0,05) diketahui nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000. Pada kriteria pengambilan keputusan 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X di SMA Negeri 1 Puding Besar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw; berpikir kritis |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Suci Kolbia |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 08:34 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 02:45 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2181 |