Multia, Ade (2020) IImplementasi metode hukuman sistem poin dalam meningkatkan karakter kedisiplinan peserta didik di SMA Negeri 2 Mendo Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL 1511005.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I _ 1511005.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (177kB)
BAB II _1511005.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (152kB)
BAB III _1511005.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (127kB)
BAB IV _1511005.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (189kB)
BAB V _511005.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (81kB)
Abstract
Sekolah merupakan lembaga formal yang digunakan untuk belajar dan mendidik anak sehingga anak tersebut menjadi cerdas dan berkarakter baik dalam diri anak tersebut berdasarkan visi, misi dan tujuan yang diharapkan. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini pertama,bagaimana implementasi metode hukuman sistem poin. Kedua, faktor apa saja yang mempengaruhi implementasi metode hukuman sistem poin dalam meningkatkan karakter kedisiplinan peserta didik di SMA Negeri 2 Mendo Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui implementasi metode hukuman sistem poin, (2) mengetahui Faktor apa saja yang mempengaruhi implementasi metode hukuman sistem poin dalam meningkatkan karakter kedisipina peserta didik di SMA Negeri 2 Mendo Barat.
Peneliti ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, objek/subjek penelitianya guru dan peserta didik SMA Negeri 2 Mendo Barat dengan teknik Pengumpulan data menggunkan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan Analisis data intraktif dari Miles dan Huberman, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) bentuk hukaman yang diberikan kepada peserta didik berupa sistem poin setiap pelanggaran yang dilakukan diberikan poin pelanggaran, teguran serta hukuman jenis lain misalnya mendorong motor dari gerbang sampai parkiran, mengelilingi lapangan, dijemur di lapangan dan lain sebagainya. Adanya tata tertib siswa yang harus dipatuhi peserta didik di sekolah akan menanamkan dan membiasakan karakter baik seperti kedisiplinan dalam diri peserta didik (2) adapun faktor yang mempengaruhi hukuman sistem poin dalam meningkatkan karakter kedisipinan peserta didik di SMA Negeri 2 Mendo Barat. Faktor pendukungnya yaitu bekerjasama antar guru di sekolah, kesadaran diri sendiri dan tata tertib juga menjadi faktor pendukung dalam hal ini peserta didik senantiasa mentaati dan mengikuti setiap peraturan yang ada di sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu jumlah peserta didik banyak sedangkan yang mengurusnya sedikit, faktor luar, dan kurangnya sarana dan prasarana. Memberikan hukuman sistem poin membuat peserta didik lebih takut dari hukuman lainnya untuk mengurangi pelanggaran yang ada di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Implementasi Metode Hukuman Sistem Poin, Karakter Kedisiplinan, Peserta Didik, |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.0 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Hilda Aryani |
Date Deposited: | 14 Mar 2023 07:26 |
Last Modified: | 14 Mar 2023 07:26 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/218 |