Rahayu, Sri (2024) Pola penerapan merdeka belajar pada pembelajaran pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kreativitas siswa di SMA Negeri 1 Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal _ 2011096.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_ 2011096.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (265kB) | Request a copy
BAB II _2011096.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (199kB) | Request a copy
BAB III _2011096.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (62kB) | Request a copy
BAB IV_2011096.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (216kB) | Request a copy
BAB V _2011096.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (96kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2011096.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (113kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perubahan kurikulum di Indonesia serta dampak dari wabah covid 19 yang sangat luar biasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan kurikulum merdeka dalam peningkatan kreatifitas siswa pada mata pelajaran Pendidikan agama islam di SMA Negeri 1 Pangkalpinang. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Gantung dengan menggunakan pola penerapan merdeka belajar.
Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif. Data primer bersumber dari warga SMA Negeri 1 Pangkalpinang, seperti kepala sekolah, waka kurikulum, guru PAI dan peserta didik. Data sekunder diperoleh melalui dokumentasi berupa foto-foto kegiatan pada saat pembelajaran, lembar penilaian, dan hasil produk dari kreatifitas peserta didik. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik Miles Huberman, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa berdasarkan proses pembelajaran Pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Pangkalpinang telah menerapkan pembelajaran dan penilaian berdiferensiasi sebagai wujud dari pola penerapan merdeka belajar. Sejauh 70% kurikulum merdeka belajar sudah dilaksanakan dengan baik di sekolah ini. Pola penerapan merdeka belajar memberikan dampak yang baik terhadap peningkatan kreatifitas siswa. Dengan merdeka belajar mampu menjadikan pelajaran Pendidikan agama islam yang menyenangkan, berkualitas, dan bermakna. Karena merdeka belajar membuat peserta didik lebih berpikir kritis, memiliki kepekaan emosi, berbakat, dan mempunyai daya imajinasi yang tinggi. Implikasi yang diharapkan dalam penelitian ini ialah sebagai upaya meningkatkan kualitas Pendidikan terkhususnya di SMA Negeri 1 Pangkalpinang dan diharapkan juga mampu mengatasi masalah-masalah Pendidikan di sekolah ini. Walaupun penelitian ini masih menjadi pro konta dkalangan tokoh-tokoh Pendidikan. Namun penulis berharap supaya penelitian ini mampu menjadi bahan rujukan untuk penelitian sebelumnya dan memperkaya penelitian sebelumnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | merdeka belajar; pembelajaran; daya kreatifitas. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Sri Rahayu |
Date Deposited: | 22 Jul 2024 04:15 |
Last Modified: | 22 Jul 2024 04:15 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2168 |