Septaviona, Septaviona (2024) Peran guru dalam pelaksanaan projek penguatan profil pelajar pancasila dan profil pelajar rahmatan lil alamin di MAN 1 Bangka Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2011166.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB 1_2011166.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (448kB) | Request a copy
BAB 2_2011166.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (552kB) | Request a copy
BAB 3_2011166.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (451kB) | Request a copy
BAB 4_2011166.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (555kB) | Request a copy
BAB 5_2011166.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (186kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_2011166.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (248kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan dalam proses latihan pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin sehingga adanya indikasi ketidaktercapaian dimensi pelajar Pancasila, yang seharusnya menjadi perhatian dan tanggung jawab guru sebagai penguat Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin pada diri peserta didik. Sehingga, diperlukan penelitian untuk (1) Mengetahui bagaimana peran guru dalam pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin di MAN 1 Bangka Barat. (2) Mengetahui peran guru dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin di MAN 1 Bangka Barat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala bidang kurikulum, guru sebagai fasilitator, dan peserta didik. Data dalam penelitian ini didapat melalui hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Berdasarkan data yang telah diperoleh, hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Peran guru dalam pelaksanan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di MAN 1 Bangka Barat telah dilakukan dengan baik, yaitu sebagai perencana projek, fasilitator, pendamping, supervisor dan konsultan, serta moderator. 2) Peran guru sebagai penguat Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin belum dilaksanakan secara maksimal, karena guru lebih banyak mengarahkan dari jauh sehingga indikasi ketidaktercapaian Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin terjadi karena faktor kurangnya penguatan oleh guru dan karakter bawaan peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin; Peran Guru; Peserta didik |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Septaviona Septaviona |
Date Deposited: | 19 Jul 2024 07:12 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 07:12 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2167 |