Anggraini, Anjelita (2024) Pengaruh konseling individual dengan pendekatan client centered terhadap kepercayaan diri peserta didik di SMA Negeri 1 Sungailiat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2015022.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_2015022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (196kB) | Request a copy
BAB II_2015022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (275kB) | Request a copy
BAB III_2015022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (283kB) | Request a copy
BAB IV_2015022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (228kB) | Request a copy
BAB V_2015022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (46kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2015022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (169kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA :
Permasalahan dalam penelitian ini adalah mengenai peserta didik yang memiliki kepercayaan diri yang rendah seperti selalu membandingkan dirinya dengan orang lain, tidak berani tampil di depan orang banyak, belum mampu mengungkapkan pendapat secara lugas dalam diskusi kelompok maupun di depan kelas, tidak berani membela diri saat di ejek, dan mudah menyerah atas kegagalan yang dihadapinya.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik dengan melihat sebelum dan sesudah diberikan perlakuan, yaitu konseling individual dengan pendekatan client centered. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan desain Pre-Eksperimental One Grup Pretest dan Posttest. Sampel pada penelitian ini berjumlah 12 peserta didik yang dipilih melalu teknik purposive sampling dengan mengkategorikan peserta didik yang memiliki perilaku kepercayaan diri rendah.
Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert untuk mengukur kepercayaan diri peserta didik, setelah memperoleh data, data dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji paired sample t-test, dan uji N- gain dengan bantuan program SPSS versi 29. Berdasarkan hasil analis data yang telah dilakukan diperoleh hasil uji paired sample t-test diperoleh data sig (2- tailed) yaitu 0,00 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima, artinya terdapat pengaruh konseling individual dengan pendekatan client centered terhadap kepercayaan diri peserta didik.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | konseling individual; client centered; kepercayaan diri |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Anjelita Anggraini |
| Date Deposited: | 17 Jul 2024 07:25 |
| Last Modified: | 17 Jul 2024 07:25 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2162 |
