Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Semiotika komunikasi pada film Merindu Cahaya De Amstel dalam merepresentasikan Islam: kajian Semiotika Roland Barthes

Nurhafifah, Nurhafifah (2024) Semiotika komunikasi pada film Merindu Cahaya De Amstel dalam merepresentasikan Islam: kajian Semiotika Roland Barthes. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_1922035.pdf] Text
Halaman Awal_1922035.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)
[thumbnail of BAB I_1922035.pdf] Text
BAB I_1922035.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (210kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_1922035.pdf] Text
BAB II_1922035.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (415kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_1922035.pdf] Text
BAB III_1922035.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (286kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_1922035.pdf] Text
BAB IV_1922035.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_1922035.pdf] Text
BAB V_1922035.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (121kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_1922035.pdf] Text
Daftar Pustaka_1922035.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (215kB) | Request a copy

Abstract

Dilakukanya penelitian ini berangkat dari permasalahan yang didasarkan pada pertimbangan bahwa apa yang sering terjadi di realitas sosial, mengenai pemaknaan dalam bahasa non verbal seperti simbol, tanda, lambang, gestur dan lain sebagainya terutama pada media penyampaian dakwah seperti film Merindu Cahaya de Amstel, yang kemudian akan dimaknai agar pesan yang tersemat atasnya tersampaikan secara menyeluruh. Hal ini karena simbol dan tanda pada sebuah film hanya dianggap sebagai ornamen pelengkap tanpa adanya arti dan fungsi secara khusus, sehingga mengabaikan pesan yang ada padanya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi Islam dalam film Merindu Cahaya de Amstel dengan mengunakan analisis semiotika Roland Barthes yang mengacu pada tiga jenis makna yakni, denotasi, konotasi dan mitos. Selain itu, penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan, dimana peneliti juga ikut serta dalam pengamatan terhadap subjek penelitian yakni, film Merindu Cahaya de Amstel dengan melalui teknik pengumpulan data kepustakaan (library reaserch), wawancara dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis menggunakan teknik desriptif kualitatif dengan kajian semiotika Roland Barthes.

Hasil dari penelitian Analisis Semotika pada Film Merindu Cahaya de Amstel dalam merepresentasikan Islam menunjukan bahwa, dalam film tersebut Islam direpresentasikan melalui simbol, tanda dan bahasa non verbal seperti: masjid, hijab, Muslimah, ustadz, kalimat tahmid, basmalah, tasbih, kaligrafi, mukena, Al-Qur’an, sholat dan kalimat syahadat. Dari penentuan dan pemaknaan simbol tersebut, dapat ditentukan bahwa dalam film Merindu Cahaya de Amstel Islam di representasikan sebagai agama yang bersumber dari Allah (Rabbaniyah), agama yang menjunjung tinggi nilai kemanusiaan (humanity), Islam sebagai agama yang toleransi, ramah, agama yang moderat lagi rahmatal lil ‘alamin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: semiotika komunikasi:, semiotika roland barthes:, representasi:, Islam:, dakwah dan film
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam > Tugas Akhir
Depositing User: Nurhafifah Nurhafifah
Date Deposited: 16 Jul 2024 01:49
Last Modified: 16 Jul 2024 01:49
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2156

Actions (login required)

View Item
View Item