Sapitri, Restu (2017) Persepsi guru terhadap pengembangan kecerdasan visual spasial pada anak usia dini kelompok B di TK Setia Utama Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1012055.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1012055.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
BAB II_1012055.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (6MB) | Request a copy
BAB III_1012055.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
BAB IV_1012055.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (7MB) | Request a copy
BAB V_1012055.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (604kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_1012055.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini berjudul persepsi guru terhadap pengembangan kecerdasan visual spasial pada anak usia dini kelompok B di TK Setia Utama Pangkalpinang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dianalisis secara deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, angket dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru terhadap pengembangan kecerdasan visual spasial pada anak usia dini di TK Setia Utama Pangkalpinang yaitu para guru menyadari bahwa kecerdasan visual spasial sangat layak untuk dikembangkan secara khusus dan mendalam. kecerdasan adalah hal fitrah yang dimiliki oleh setiap manusia. Saat-saat yang tepat untuk mengembangkan kecerdasan anak yaitu sejak ia lahir hingga memasuki umur enam tahun. Disinilah disebut masa emas. Masa siap tanam dengan harapan panen dengan kualitas hebat. Perkembangan kecerdasan anak pada masa usia dini sangat berpengaruh pada kesuksesan anak di masa mendatang. Dan guru-guru di TK Setia Utama pun merasakan bahwa dalam pengembangan kecerdasan visual spasial dibutuhkan guru yang kreatif, metode yang menyenangkan dan media yang tepat sasaran. Namun dalam proses pengembangan terjadi beberapa faktor yang menjadi penghambat berkembangnya kecerdasan visual spasial pada anak usia dini kelompok B secara sempurna. Sehingga berdampak buruk terhadap perkembangan kecerdasan anak kedepannya.
Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam pengembangan kecerdasan visual spasial pada anak usia dini kelompok B sangat layak untuk dikembangkan karena sangat besar dampaknya untuk kesuksesan anak dimasa mendatang namun dalam pengembangan tersebut timbul beberapa hambatan yang berdampak pada perkembangan kecerdasan anak.
kata kunci: persepsi; guru; kecerdasan visual spasial
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | persepsi; guru; kecerdasan visual spasial |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 153 Proses mental dan kecerdasan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Hafiyya Aruni |
Date Deposited: | 05 Jun 2024 04:50 |
Last Modified: | 05 Jun 2024 04:50 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2148 |