Sakdiah, Huzainatun (2024) Implementasi metode peer lessons dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas XI di SMA Negeri 1 Kelapa. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1711062.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (431kB)
BAB I_1711062.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (496kB) | Request a copy
BAB II_1711062.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (484kB) | Request a copy
BAB III_1711062.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (302kB) | Request a copy
BAB IV_1711062.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (441kB) | Request a copy
BAB V_1711062.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (266kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1711062.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (326kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Masalah dalam penelitian ini adalah banyaknya peserta didik yang sulit memahami pelajaran Pendidikan Agama Islam. Oleh karena itu perlu digunakannya metode yang efektif dalam pengajaran. Metode yang digunakan di SMA Negeri 1 Kelapa yaitu metode Peer Lessons. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi metode Peer Lessons dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI di SMA Negeri 1 Kelapa. Bagaimana Hasil peningkatan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI di SMA Negeri 1 Kelapa.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kelapa pada bulan Oktober 2023, subjek dalam penelitian ini adalah guru PAI dan Tutor. Sedangkan informan yaitu Kepala Sekolah dan Peserta didik. Metode pengumpulan data dengan observasi wawancara dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Implementasi metode peer lessons yang diterapkan di SMA Negeri 1 Kelapa yaitu sebagai berikut: Metode peer lessons (tutor sebaya) diadakan di dalam kelas, penerapan teknik tutor sebaya ini dapat dikatakan berhasil meningkatkan pemahaman pada mata pelajaran PAI materi bukti beriman. Hal ini dilihat dari post test yang meningkat dibanding Pre test, dan juga tercapainya nilai seluruh peserta didik di atas kriteria Minimum (KKM). Selain peningkatan hasil belajar dan pemahaman, dengan metode ini juga menyebabkan perubahan terhadap peserta didik. Perubahan-perubahan ini diantaranya adalah (a) peserta didik senang mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), (b) peserta didik lebih aktif dan berani untuk bertanya tentang masalah atau materi yang belum dimengerti.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | metode peer lessons; meningkatkan pemahaman |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Huzaiantun Sakdiah |
Date Deposited: | 31 May 2024 05:40 |
Last Modified: | 31 May 2024 05:40 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2140 |