Ennopiani, Santri (2019) Penggunaan media boneka tangan untuk mengembangkan kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun di RA Al-Hidayah Desa Gadung Kabupaten Bangka Selatan. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL 1412052.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I _1412052.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (319kB)
BAB II _1412052.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (337kB)
BAB III _1412052.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (395kB)
BAB IV _1412052.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (350kB)
BAB V _1412052.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (88kB)
DAFTAR PUSTAKA 1412051.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (182kB)
Abstract
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media boneka tangan untuk mengembangkan kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun di RA Al-Hidayah Desa Gadung, serta untuk mengetahui hasil dari pengembangan kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun melalui media boneka tangan di RA Al-Hidayah Desa Gadung.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang diperoleh dari observasi, wawancara dengan informan serta pengumpulan beberapa dokumen yang relevan. Sumber data dalam penelitian adalah guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran di RA Al-Hidayah Desa Gadung. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu analisis deskriptif yang artinya suatu proses mencari dan menyusun data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada penggunaan media boneka tangan untuk mengembangkan kemampuan berbicara pada anak usia 4-5 tahun di RA Al-Hidayah Desa Gadung. Hasil observasi awal yang dilakukan ada 7 orang anak yang kurang lancar dalam berbicara, salah pengucapan huruf saat berbicara, dan ada anak yang memang saat berbicara yang diucapkannya kurang jelas sehingga sulit dimengerti. Setelah kurang lebih satu bulan menggunakan media boneka tangan dalam pembelajaran dan berdoa kemampuan berbicara anak meningkat menjadi lebih baik, ada 5 orang anak yang berkembang dengan baik dan 2 anak yang tidak berkembang. Anak yang berkembang menjadi lancar dalam berbicara, pengucapan huruf sudah benar dan anak lebih mudah saat diajak berbicara, anak memiliki kosakata baru dari hasil menggunakan media boneka tangan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Boneka Tangan; Kemampuan Berbicara |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Esti Kurniawati |
Date Deposited: | 10 Mar 2023 07:42 |
Last Modified: | 10 Mar 2023 07:42 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/213 |