Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Analisis dampak pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti terhadap kecerdasan emosional siswa di SDIT Nabawi Daarul Mahabbah

Alfianti, Nadila (2024) Analisis dampak pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti terhadap kecerdasan emosional siswa di SDIT Nabawi Daarul Mahabbah. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of HALAMAN AWAL_2011241.pdf] Text
HALAMAN AWAL_2011241.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I_2011241.pdf] Text
BAB I_2011241.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (428kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_2011241.pdf] Text
BAB II_2011241.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (603kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_2011241.pdf] Text
BAB III_2011241.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (413kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_2011241.pdf] Text
BAB IV_2011241.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (489kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_2011241.pdf] Text
BAB V_2011241.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (881kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_2011241.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_2011241.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (881kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah semakin banyaknya anak-anak yang sulit dalam mengontrol emosi diri, sehingga membuat anak-anak lebih mudah marah, menangis, hingga meluapkan emosi tersebut secara berlebihan. Selain itu, kurangnya kesadaran diri pada anak-anak untuk berinteraksi dengan lingkungan sosial, membuat anak-anak acuh pada lingkungannya dan kurangnya motivasi dalam belajar. Sehingga setiap anak membutuhkan yang namanya kecerdasan emosional dan salah satu faktor pengembangan kecerdasan emosional adalah adanya proses pembelajaran.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang memaparkan laporan hasil penelitian mengenai dampak pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti terhadap kecerdasan emosional siswa di SDIT Nabawi Daarul Mahabbah. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah dan wakil kepala sekolah, pendidik dan juga peserta didik. Sumber data penelitian yang diperoleh adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Sedangkan metode analisis data menggunakan reduksi data, kemudian penyajian data dan penarikan kesimpulan yang didasarkan pada fakta-fakta kenyataan yang telah ditemukan dari hasil penelitian.

Hasil penelitian di SDIT Nabawi Daarul Mahabbah, menunjukkan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dilaksanakan dengan tiga tahapan yaitu tahapan persiapan, tahapan pelaksanaan, dan tahapan penilaian. Kemudian kecerdasan emosional siswa di SDIT Nabawi Daarul Mahabbah sudah cukup baik, hal ini terlihat dari siswa dalam mengenali emosi diri, kemampuan mengelola emosi, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain, dan membina hubungan dengan individu lain, seperti orang tua, guru dan teman-temannya. Dari hal itu dapat diketahui bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam memiliki dampak yang positif terhadap perkembangan kecerdasan emosional siswa karena adanya peran penting guru dalam menanamkan nilai-nilai Islam dan memberikan contoh perilaku yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti; kecerdasan emosional; siswa
Subjects: 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam > 297.5 Etika Islam; Praktik Keagamaan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Nadila Alfianti
Date Deposited: 30 May 2024 03:15
Last Modified: 30 May 2024 03:15
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2121

Actions (login required)

View Item
View Item