Wilanda, Maulidya (2024) Manajemen pembelajaran Al-Qur'an pada lansia buta aksara di Desa Nibung Bangka Tengah: Studi pada Majelis Qurro' Ar-Rohim. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1911096.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (752kB)
BAB I_1911096.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (620kB) | Request a copy
BAB II_1911096.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
BAB III_1911096.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (398kB) | Request a copy
BAB IV_1911096.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (529kB) | Request a copy
BAB V_1911096.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (116kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1911096.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (394kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA :
Dalam pembelajaran yang baik, termasuk salah satunya dalam pembelajaran Al-Qur’an yang dilengkapi dengan manajemen, maka sudah tentu proses pembelajaran bisa menjadi lebih optimal dan berjalan dengan baik. Apalagi pembelajaran Al-Qur’an ini diberikan kepada lansia buta aksara Al-Qur’an, yang dinyatakan mereka relatif sulit untuk bisa mewujudkan target yang ingin dicapai. Namun dengan adanya pola manajemen, proses pembelajaran tersebut bisa terealiasasi dengan baik. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Manajemen pembelajaran Al-Qur’an Pada Lansia Buta Aksara di Desa Nibung Bangka Tengah tersebut.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dapat dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran Al- Qur’an berjalan sesuai dengan fungsi manajemen yakni perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan serta pengawasan. Dengan mengimplementasikan teori manajemen, pembelajaran Al-Qur’an terkhusus kepada Lansia Buta Aksara Majelis Qurro’ Ar-Rohim bisa lancar membaca Al-Qur’an dengan data yang diperoleh berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang yang sedang diteliti.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | manajemen pembelajaran al-qur’an; lansia buta aksara |
Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam > 297.1 Kitab Suci Agama Islam; Sumber-Sumber Agama Islam 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Maulidya Wilanda |
Date Deposited: | 30 May 2024 03:12 |
Last Modified: | 30 May 2024 03:12 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2117 |