Khotimah, Khusnul (2024) Pengaruh kemampuan komunikasi interpersonal guru terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Pemali. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1911085.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1911085.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (303kB) | Request a copy
BAB II_1911085.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (280kB) | Request a copy
BAB III_1911085.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (407kB) | Request a copy
BAB IV_1911085.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (392kB) | Request a copy
BAB V_1911085.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (89kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1911085.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (229kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Komunikasi interpersonal antara guru degan siswa sangat dibutuhkan dalam menciptakan prestasi belajar siswa. Hal ini disebabkan karena komunikasi interpersonal bersifat bialogis, yaitu berupa percakapan dan dapat terjadi arus balik atau tanggapan secara langsung dari komunikasi sehingga dianggap efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh komunikasi interpersonal guru terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Pemali.
Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan jenis survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Pemali. Adapun teknik sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling dan metode purposive sampling, dan jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 59. Instrumen penelitian ini dengan penyebaran angket menggunakan skala likert, kemudian data yang telah diperoleh dan di analisis menggunakan bantuan SPSS versi 24.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara kemampuan komunikasi interpersonal guru tehadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII di SMP N 1 Pemali. Dari hasil analisis nilai regresi linear sederhana nilai signifikansinya sebesar 0,000 yang artinya nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05, jadi secara hipotesis menyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, yang artinya terdapat pengaruh antara komunikasi interpersonal guru terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam. Secara simultan pengaruh komunikasi interpersonal guru terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam sebesar 51,8% sisanya 48,2% di pengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijadikan variabel dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | komunikasi interpersonal dan prestasi Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Khusnul Khotimah |
Date Deposited: | 30 May 2024 05:06 |
Last Modified: | 30 May 2024 05:06 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2111 |