Mulyana Sari, Weni (2020) Pengembangan motorik halus melalui media permainan Puzzle Usia 4-5 Tahun di PAUD Terpadu Mutiara Bunda. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL WENI.pdf - Accepted Version
Download (1MB)
BAB 1 _1512057.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (246kB)
BAB 1I _1512057.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (246kB)
BAB 1II _1512057.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (274kB)
BAB 1V _1512057.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (559kB)
BAB V_1512057.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (179kB)
DAFTAR PUSTAKA _1512057.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (135kB)
Abstract
Pendidikan Anak Usia Dini merupakan pendidikan yang diselenggarakan
atas tujuan untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan anak secara
bertahap dan menyeluruh dengan menekankan pada pengembangan potensi yang dimiliki anak. Setiap individu anak usia dini memiliki potensi untuk mengalami masalah. Salah satunya mengembangan motorik halus anak.
Kegiatan permainan menyusun puzzle merupakan sesuatu bentuk kegiatan pembelajaran yang dapat mengembangkan motorik halus anak di PAUD Terpadu Mutiara Bunda.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang dianalisis secara deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi yaitu
kepada kepala sekolah serta guru-guru. Selanjutnya data yang diperoleh peneliti yaitu menganalisis dengan deskriptif kualitatif dalam mendapatkan gambaran yang ada.
Hasil yang diperoleh dari penelitian Pengembangan Motorik Halus Melalui Media Permainan Puzzle Usia 4-5 Tahun di PAUD Terpadu Mutiara Bunda. Ini menunjukkan bahwa perkembangan motorik halus anak telah mengalami perkembangan secara pesat. Hal ini ditandai dengan sebagian besar anak sudah dapat berkembang sesuai dengan harapan, ada yang berkembang sangat baik. Anak sudah mampu mengembangkan keterampilan gerak kedua tangan dalam menggambar dan melukis, mampu menggerakkan anggota tubuh yang berhubungan gerak jari jemari seperti memegang pensil, crayon, mampu mengkoordinasi indra mata dan aktivitas tangan, mampu mengendalikan emosi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Perkembangan Motorik Halus; Media Permaianan Puzzle |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan 700 - Seni dan Rekreasi > 790 Olahraga, permainan dan hiburan > 793 Permainan dalam ruangan, hiburan dalam ruangan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Randa Wicaksono |
Date Deposited: | 09 Mar 2023 04:01 |
Last Modified: | 09 Mar 2023 04:01 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/211 |