Fitriani, Fitriani (2024) Penerapan kegiatan market day dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun kelas B1 di TK Ar-Rahmah Kace Timur. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2012046_removed.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_2012046.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (276kB) | Request a copy
BAB II_2012046.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (298kB) | Request a copy
BAB III_2012046.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (157kB) | Request a copy
BAB IV_2012046.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (722kB) | Request a copy
BAB V_2012046.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (49kB) | Request a copy
Daftar Pustaka _2012046.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (136kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA :
Kegiatan market day merupakan salah satu upaya yang dibutuhkan anak dalam mengembangkan kecerdasan interpersonalnya di kehidupan sehari-hari untuk bergaul dan berkomunikasi secara efektif dengan seseorang atau sekelompok. Kegiatan market day atau yang sering disebut hari pasar merupakan salah satu wadah pengenalan berwirausaha sejak dini untuk mengasah mental dan karakter berwirausaha anak sekaligus mengasah kecerdasan interpersonal anak. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui gambaran dan hasil penerapan kegiatan market day dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun kelas B1 di TK Ar-Rahmah Kace Timur.
Jenis penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, pengelola sekolah, guru wali kelas B1, orangtua anak dan anak didik kelas B1 di TK Ar-Rahmah Kace Timur. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan vertifikasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan kegiatan market day dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal kelas B1 di TK Ar-Rahmah Kace Timur melalui tahap perencanaan yaitu guru merencanakan kegiatan market day, orangtua dan anak membuat dan mengemas makan maupun minuman yang akan dijual, guru mempersiapkan penataan ruangan tempat pemasaran, dan alat beserta bahan yang akan digunakan dalam kegiatan market day. Sedangkan hasil penerapan kegiatan market day dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun kelas B1 di TK Ar-Rahmah Kace Timur menunjukkan yaitu: 1) Sikap prososial yaitu anak mampu bekerja sama dengan orangtuanya dalam membuat produk makanan dan menjajakan dagangan, 2) anak mampu memahami situasi dan etika sosial yaitu anak memahami tugas dan tanggungjawabnya dalam menjaga dagangan hingga selesai, 3) anak mampu berani berinteraksi lebih dulu yakni anak yang berperan sebagai penjual berani untuk menawarkan dagangan dan melakukan diskusi dengan pembeli terkait jumlah, harga maupun rasa. Dari tujuh belas anak di kelas B1, ada dua anak perkembangan kecerdasan interpersonalnya berkembang sangat baik (BSB), tiga belas anak berkembang sesuai harapan (BSH), dan dua anak lainnya mulai berkembang (MB).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | kegiatan market day; kecerdasan interpersonal |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Fitriani Fitriani |
Date Deposited: | 29 May 2024 07:45 |
Last Modified: | 29 May 2024 07:45 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2109 |