Sriulandari, Sriulandari (2024) Pemanfaatan media Ulat Angka dalam menstimulasi kemampuan berhitung permulaan pada anak usia 4-5 tahun di RA An Nisaa Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1912065.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (703kB)
BAB I_1912065.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
BAB II_1912065.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (638kB) | Request a copy
BAB III_1912065.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (430kB) | Request a copy
BAB IV_1912065.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (490kB) | Request a copy
BAB V_1912065.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (29kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1912065.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (128kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Masa kanak-kanak merupakan masa yang paling tepat untuk mengembangkan, meningkatkan berbagai potensi dan kemampuan dalam diri anak terutama kemampuan berhitung. Berhitung permulaan merupakan kemampuan yang dimiliki oleh anak yang berhubungan dengan membilang, menjumlahkan, dan lain sebagainya, dilakukan secara lebih awal yang pada mulanya tidak bermakna bagi anak yang belum memahami bilangan, Berhitung merupakan kemampuan yang harus di miliki oleh anak agar dapat mengungkapkan pendapat dan ke inginan nya dalam menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Kemampuan berhitung permulaan dapat berkembang dengan baik apabila lingkungan belajar turut menunjang dengan adanya media pembelajaran sehingga perlu adanya pemanfaatan media ulat angka, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak usia4-5 tahun di RA An Nisaa Pangkalpinang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media ulat angka dalam menstimulasi kemampuan berhitung permulaan pada anak usia 4-5 tahun di RA An Nisaa Pangkalpinang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, yaitu memberikan laporan hasil penelitian dengan mendeskripsikan dan memaparkan data-data yang diperoleh mengenai pemanfaatan media ulat angka dalam menstimulasi kemampuan berhitung permulaan pada anak, Kemudian teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan 3 tahapan yaitu melakukan reduksi data atau memilih data yang di anggap penting dan membuang data yang tidak dibutuhkan, kemudian menyajikan data yang sudah dipilih sehingga dapat ditarik kesimpulannya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media ulat angka dalam menstimulasi kemampuan berhitung permulaan dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kemampuan berhitung anak bisa berkembang dengan baik dengan adanya pemanfaatan media ulat angka, dengan adanya media ulat angka anak bisa dengan muda mengenal angka dan mencocokkan angka dengan baik dan benar. Adapun hasil dari kemampuan berhitung permulaan pada anak melalui media ulat angka yaitu anak bisa mengenal angka, berhitung, mencocokkan angka dan membedakan angka 1 dengan angka yang lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | media ulat angka; menstimulasi; berhitung permulaan |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 155 Psikologi diferensial dan psikologi perkembangan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Sriulandari Ulandari |
Date Deposited: | 31 May 2024 07:09 |
Last Modified: | 31 May 2024 07:09 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2104 |