Patimah, Siti (2019) Pengembangan moral anak melalui kegiatan praktik Shalat Dhuha kelompok B usia 5-6 tahun di Ra Hadiqotul Amin Puding Besar. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL _1512050.pdf - Accepted Version
Download (813kB)
BAB I _1512050.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (178kB)
BAB II _1512050.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (223kB)
BAB III _1512050.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (104kB)
BAB IV _1512050.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (145kB)
BAB V _1512050.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (50kB)
Daftar Pustaka _1512050.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (74kB)
Abstract
Permasalahan pokok penelitian ini yaitu tentang pengembangan moral anak melalui kegiatan praktik shalat dhuha kelompok B usia 5-6 tahun di RA Hadiqotul Amin Puding Besar. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan praktik shalat dhuha pada moral anak kelompok B usia 5-6 tahun di RA Hadiqotul Amin Puding Besar, dan hasil penerapan praktik shalat dhuha pada moral anak kelompok B usia 5-6 tahun di RA Hadiqotul Amin Puding Besar
Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan yang menggunakan penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif yaitu memberikan laporan hasil penelitian dengan mendeskripsikan dan memaparkan data-data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Sumber data yang diperlukan dalam penelitian ini diambil dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknis analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini seperti reduksi data, penyajian data, dan verifikasi menarik kesimpulan dengan merangkum semua data
Hasil penelitian yang diperoleh, penerapan praktik shalat dhuha pada moral anak yaitu guru memberikan keteladanan kepada anak tentang shalat dhuha, guru membiasakan shalat dhuha kepada anak, guru memberikan nasihat kepada anak agar mau melaksanakan shalat dhuha, guru memberikan perhatian dan pengawasan kepada anak ketika shalat dhuha, dan guru menghukum anak yang tidak mau melaksanakan shalat dhuha. Adapun hasil penerapan praktik shalat dhuha pada moral anak yaitu guru mengetahui sikap jujur anak dalam shalat dhuha, guru mengetahui sikap penolong anak dalam shalat dhuha, guru mengetahui sikap hormat anak ketika shalat dhuha, guru dapat melatih kedisiplinan anak ketika shalat dhuha, guru dapat melatih kerapian shaf/barisan ketika anak shalat dhuha, dan guru dapat mengajarkan perilaku yang baik ketika anak shalat dhuha
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; Moral; Anak; Shalat Dhuha |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.8 Anak Didik, Murid, Siswa, Pelajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Randa Wicaksono |
Date Deposited: | 07 Mar 2023 07:57 |
Last Modified: | 07 Mar 2023 07:57 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/203 |