Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Pengembangan kecerdasan logika matematika melalui metode bernyanyi usia 4-5 tahun di TK Kemala Bhayangkari 01 Pangkalpinang

Rani, Rani (2019) Pengembangan kecerdasan logika matematika melalui metode bernyanyi usia 4-5 tahun di TK Kemala Bhayangkari 01 Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of HALAMAN AWAL _1512036.pdf] Text
HALAMAN AWAL _1512036.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I_1512036.pdf] Text
BAB I_1512036.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[thumbnail of BAB II _1512036.pdf] Text
BAB II _1512036.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[thumbnail of BAB III _1512036.pdf] Text
BAB III _1512036.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[thumbnail of BAB IV _1512036.pdf] Text
BAB IV _1512036.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[thumbnail of BAB V _1512036.pdf] Text
BAB V _1512036.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA _1512036.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA _1512036.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)

Abstract

Permasalahan pokok pada penelitian ini yaitu tentang pengembangan kecerdasan logika matematika melalui metode bernyanyi usia 4-5 tahun di TK Kemala Bhayangkari 01 Pangkalpinang. Oleh karena itu, peran pendidik sangat penting dalam mengembangkan kecerdasan logika matematika terutama pada pengenlan angka dan berhitung peserta didik pada proses kegiatan belajar mengajar di pendidikan anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui penerapan metode bernyanyi terhadap kecerdasan logika matematika anak, kemudian untuk mengetahui hasil penerapan metode bernyanyi usia 4-5 Tahun terhadap kecerdasan logika matematika di TK Kemala Bhayangkari 01 pangkalpinang

Adapun jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif yang memberikan laporan hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari sumber data primer dan sekunder, kemudian peneliti menarik kesimpulan dengan merangkum data-data yang telah diperoleh

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bernyanyi yang digunakan pendidik dalam mengembangkan kecerdasan logika matematika anak ada tiga tahap yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pengembangan kecerdasan logika matematika anak ada yang berkembang sesuai harapan, ada yang berkembang sangat baik, dan ada yang mulai berkembang. Hal tersebut dapat dilihat dari ke lima indikator bahwa, anak dapat menyebut angka 1- 10, anak dapat mengenl konsep dan simbol angka 1-10, anak dapat menghubungkan konsep bilangan dan lambang bilangan, anak dapat mengenal konsep sama dan tidak sama, serta dapat berhitung dari 1-10

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kecerdasan; Logika Matematika; dan Metode Bernyanyi
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 153 Proses mental dan kecerdasan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
500 – Ilmu Pengetahuan > 500 Ilmu pengetahuan > 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Randa Wicaksono
Date Deposited: 06 Mar 2023 07:48
Last Modified: 07 Mar 2023 08:05
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/202

Actions (login required)

View Item
View Item