Rani, Rani (2019) Pengembangan kecerdasan logika matematika melalui metode bernyanyi usia 4-5 tahun di TK Kemala Bhayangkari 01 Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL _1512036.pdf - Accepted Version
Download (1MB)
BAB I_1512036.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (185kB)
BAB II _1512036.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (353kB)
BAB III _1512036.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (239kB)
BAB IV _1512036.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (347kB)
BAB V _1512036.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (9kB)
DAFTAR PUSTAKA _1512036.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (230kB)
Abstract
Permasalahan pokok pada penelitian ini yaitu tentang pengembangan kecerdasan logika matematika melalui metode bernyanyi usia 4-5 tahun di TK Kemala Bhayangkari 01 Pangkalpinang. Oleh karena itu, peran pendidik sangat penting dalam mengembangkan kecerdasan logika matematika terutama pada pengenlan angka dan berhitung peserta didik pada proses kegiatan belajar mengajar di pendidikan anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui penerapan metode bernyanyi terhadap kecerdasan logika matematika anak, kemudian untuk mengetahui hasil penerapan metode bernyanyi usia 4-5 Tahun terhadap kecerdasan logika matematika di TK Kemala Bhayangkari 01 pangkalpinang
Adapun jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif yang memberikan laporan hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari sumber data primer dan sekunder, kemudian peneliti menarik kesimpulan dengan merangkum data-data yang telah diperoleh
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bernyanyi yang digunakan pendidik dalam mengembangkan kecerdasan logika matematika anak ada tiga tahap yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pengembangan kecerdasan logika matematika anak ada yang berkembang sesuai harapan, ada yang berkembang sangat baik, dan ada yang mulai berkembang. Hal tersebut dapat dilihat dari ke lima indikator bahwa, anak dapat menyebut angka 1- 10, anak dapat mengenl konsep dan simbol angka 1-10, anak dapat menghubungkan konsep bilangan dan lambang bilangan, anak dapat mengenal konsep sama dan tidak sama, serta dapat berhitung dari 1-10
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kecerdasan; Logika Matematika; dan Metode Bernyanyi |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 153 Proses mental dan kecerdasan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan 500 – Ilmu Pengetahuan > 500 Ilmu pengetahuan > 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Randa Wicaksono |
Date Deposited: | 06 Mar 2023 07:48 |
Last Modified: | 07 Mar 2023 08:05 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/202 |