Sari, Kemuning (2019) Peran guru dalam mengembangkan kecerdasan naturalistik anak kelompok B di TK Teratai Desa Pangkal Niur Kecamatan Riau Silip. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_1512025.pdf - Accepted Version
Download (1MB)
BAB I _1512025.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (382kB)
BAB II _1512025.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (448kB)
BAB III _1512025.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (247kB)
BAB IV _1512025.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (326kB)
BAB V _1512025.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (200kB)
DAFTAR PUSTAKA _1512025.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (225kB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan atas pertimbangan belum maksimalnya kecerdasan naturalistik anak kelompok B di TK Teratai Desa Pangkal Niur kecamatan Riau Silip. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan: Pertama, bagaimana peran guru dalam mengembangkan kecerdasan naturalistik anak. Kedua, bagaimana perkembangan kecerdasan naturalistik anak kelompok B di TK Teratai Desa Pangkal Niur.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang di analisis secara deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, peran guru dalam mengembangkan kecerdasan naturalistik anak kelompok B di TK Teratai Desa pangkal Niur guru sebagai pengelola, adalah sebagai berikut: dengan mempersiapkan pembelajaran dalam mengembangkan kecerdasan naturalistik anak dan menciptakan kondisi belajar mengajar secara optimal. Guru sebagai motivator harus dapat merangsang dan memberikan dorongan sehingga berkembang secara optimal. Guru sebagai fasilitator dapat memfasilitasi seluruh kebutuhan dalam kegiatan belajar. Guru sebagai pembimbing dan pemelihara dapat mengatasi masalah dalam mencapai perkembangan yang optimal. Guru sebagai evaluator yaitu penilaian dalam pembelajaran yang digunakan di Teratai Pangkal Niur sudah dianggap baik mulai dari pembuatan RPPH, RPPM, Prosem, Prota, serta sampai kegiatan-kegiatan yang lainnya. Kedua, perkembangan kecerdasan naturalistik anak kelompok B di TK Teratai
Desa Pangkal Niur perkembangan bisa diketahui melalui menyanyikan lagu yang bertema flora dan fauna, mengenalkan contoh-contoh flora dan fauna yang ada di sekeliling sekolah, sikap menyayangi flora dan fauna, menstimulasi anak untuk menanam tanaman seperti berkebun/bertanam di pot bunga, memelihara ikan di dalam akuarium dan mendongeng.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Peran Guru; Kecerdasan Naturalistik; Anak Usia Dini |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar, Ahli Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Esti Kurniawati |
Date Deposited: | 28 Feb 2023 04:18 |
Last Modified: | 28 Feb 2023 04:18 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/192 |