Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Penggunaan buku cerita dalam metode bercerita untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak di kelompok B PAUD Nurul Iman Desa Mendo Kecamatan Mendo Barat

Oktavianty, Chintya (2019) Penggunaan buku cerita dalam metode bercerita untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak di kelompok B PAUD Nurul Iman Desa Mendo Kecamatan Mendo Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of HALAMAN AWAL 1312203.pdf] Text
HALAMAN AWAL 1312203.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1_ 1321203.pdf] Text
BAB 1_ 1321203.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[thumbnail of BAB II_ 1321203.pdf] Text
BAB II_ 1321203.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[thumbnail of BAB III_ 1321203.pdf] Text
BAB III_ 1321203.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[thumbnail of BAB IV_ 1321203.pdf] Text
BAB IV_ 1321203.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[thumbnail of BAB V_ 1321203.pdf] Text
BAB V_ 1321203.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA _ 1321203.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA _ 1321203.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)

Abstract

Kemampuan bahasa anak sangatlah penting karena sejak dalam kandungan anak memiliki kecerdasan bahasa berdasarkan tahap-tahap setiap perkembangan bahasanya. Pengembangan kemampuan tersebut dilakukan dengan menggunakan metode bercerita. Peneliti telah melaksanakan penelitiannya yang berfokus pada permasalahan bagaimana pelaksanaan proses belajar mengajar dengan metode bercerita di kelompok B.
Penelitian ini merupakan peneliatian kualitatif yang mendreskripsikan data dengan memperoleh perkembangan mengenai metode bercerita terhadap kemampuan bahasa anak di Kelompok B Paud Nurul Iman Desa Mendo, Kecamatan Mendo Barat. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif, yaitu teknik deskriptif analitik nonstatistik. Proses analisis data dimulai dengan menelaah seluruh data yang telah diperoleh dari hasil wawancara, obsevasi, maupun dokumentasi. Kemudian data yang telah terkumpul dianalisis secara deskripsi untuk memperoleh pemahaman yang jelas tentang permasalahan yang berkaitan dengan tujuan penelitian.
Dari hasil penelitian diperoleh bahwa terhadap persiapan metode bercerita yang dilakukan guru sangat baik yaitu guru membuat RKH terlebih dahulu, kemudian memilih cerita sesuai dengan tema RKH dan menentukan alat peraga yang akan digunakan pada saat bercerita.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: metode bercerita;kemampuan bahasa
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Hilda Aryani
Date Deposited: 28 Feb 2023 03:18
Last Modified: 17 Mar 2023 09:22
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/191

Actions (login required)

View Item
View Item