Oktavianty, Chintya (2019) Penggunaan buku cerita dalam metode bercerita untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak di kelompok B PAUD Nurul Iman Desa Mendo Kecamatan Mendo Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL 1312203.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB 1_ 1321203.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (192kB)
BAB II_ 1321203.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (286kB)
BAB III_ 1321203.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (106kB)
BAB IV_ 1321203.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (265kB)
BAB V_ 1321203.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (86kB)
DAFTAR PUSTAKA _ 1321203.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (210kB)
Abstract
Kemampuan bahasa anak sangatlah penting karena sejak dalam kandungan anak memiliki kecerdasan bahasa berdasarkan tahap-tahap setiap perkembangan bahasanya. Pengembangan kemampuan tersebut dilakukan dengan menggunakan metode bercerita. Peneliti telah melaksanakan penelitiannya yang berfokus pada permasalahan bagaimana pelaksanaan proses belajar mengajar dengan metode bercerita di kelompok B.
Penelitian ini merupakan peneliatian kualitatif yang mendreskripsikan data dengan memperoleh perkembangan mengenai metode bercerita terhadap kemampuan bahasa anak di Kelompok B Paud Nurul Iman Desa Mendo, Kecamatan Mendo Barat. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif, yaitu teknik deskriptif analitik nonstatistik. Proses analisis data dimulai dengan menelaah seluruh data yang telah diperoleh dari hasil wawancara, obsevasi, maupun dokumentasi. Kemudian data yang telah terkumpul dianalisis secara deskripsi untuk memperoleh pemahaman yang jelas tentang permasalahan yang berkaitan dengan tujuan penelitian.
Dari hasil penelitian diperoleh bahwa terhadap persiapan metode bercerita yang dilakukan guru sangat baik yaitu guru membuat RKH terlebih dahulu, kemudian memilih cerita sesuai dengan tema RKH dan menentukan alat peraga yang akan digunakan pada saat bercerita.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | metode bercerita;kemampuan bahasa |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Hilda Aryani |
Date Deposited: | 28 Feb 2023 03:18 |
Last Modified: | 17 Mar 2023 09:22 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/191 |