Anggita, Irva (2024) Pengaruh strategi pemasaran dan pengetahuan terhadap motivasi menabung mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitungdi Bank Syariah pada tahun 2023. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2031029.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (336kB)
BAB I_2031029.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (204kB) | Request a copy
BAB II_2031029.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (321kB) | Request a copy
BAB III_2031029.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (505kB) | Request a copy
BAB IV_2031029.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (440kB) | Request a copy
BAB V_2031029.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (74kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2031029.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (86kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Mahasiswa sebagai salah satu pangsa pasar yang tepat bagi perbankan syariah untuk memperbesar pertumbuhan tabungan. Tabungan sangat dibutuhkan di kalangan mahasiswa. Dengan pondasi perguruan tinggi Islam Negeri yang terstruktur tentunya lebih dapat ditingkatkan perekonomian syariah baik untuk internal kampus atau bahkan eksternal yang lebih luas. Strategi Pemasaran dan Pengetahuan mahasiswa merupakan bagian penting dalam rangka pengenalan kebutuhan dan keinginan nasabah. Pengetahuan mahasiswa terkait bank syariah akan menjadi tolak ukur dalam memotivasi untuk menabung atau bertransaksi di bank syariah atau tidak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh strategi pemasaran dan pengetahuan terhadap motivasi menabung mahasiswa.
Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebarkan pada mahasiswa aktif Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung pada Tahun akademik 2023 dengan teknik random sampling dengan jumlah populasi sebanyak 2.761 mahasiswa didapatkan Sampel sebanyak 97 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrumen, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis dengan menggunakan bantuan Software SPSS Versi 25.0
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) strategi pemasaran berpengaruh positif terhadap motivasi menabung mahasiswa terlihat dari thitung 0,014 < 0,1. (2) pengetahuan tidak berpengaruh signifikan terhadap motivasi terlihat dari hasil thitung 0,712 > 0,1. (3) Secara simultan strategi pemasaran dan pengetahuan berpengaruh terhadap motivasi menabung dilihat dari hasil Fhitung (4,792) > Ftabel (2,36) dengan signifikansi 0,010 < 0,1
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | strategi pemasaran; pengetahuan; motivasi |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan > Bank/Perbankan |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Irva Anggita |
Date Deposited: | 14 May 2024 03:04 |
Last Modified: | 14 May 2024 03:04 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1897 |