Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Strategi pembelajaran al-qur'an dalam meningkatkan kelancaran membaca Al-qur'an pada remaja di Desa Tuik Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat

Lestari, Ayu (2023) Strategi pembelajaran al-qur'an dalam meningkatkan kelancaran membaca Al-qur'an pada remaja di Desa Tuik Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman awal-1711021.pdf] Text
Halaman awal-1711021.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)
[thumbnail of BAB I-1711021.pdf] Text
BAB I-1711021.pdf

Download (630kB)
[thumbnail of BAB II-1711021.pdf] Text
BAB II-1711021.pdf

Download (609kB)
[thumbnail of BAB III-1711021.pdf] Text
BAB III-1711021.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of BAB IV-1711021-1.pdf] Text
BAB IV-1711021-1.pdf

Download (385kB)
[thumbnail of BAB V-1711021.pdf] Text
BAB V-1711021.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka-1711021.pdf] Text
Daftar Pustaka-1711021.pdf

Download (252kB)

Abstract

Strategi pembelajaran Al-Qur’an dapat diartikan sebagai taktik atau garis- garis besar haluan yang digunakan para ustadz dalam proses belajara mengajar Al- Qur’an agar dapat mempengaruhi peserta didik (remaja) sehingga tercapai sasaran dan tujuan pembelajaran.
Permasalahan pokok penelitian ini adalah bagimana Strategi pembelajaran Al-Qur’a yang digunakan oleh para Ustadz dalam menigkatkan kelancaran membaca Al-Qur’an pada remaja di Desa Tuik. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana startegi pembelajaran Al-Qur’an dalam meingkatkan kelancaran membaca Al-Qur’an pada remaja di Desa Tuik. (2) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat startegi pembelajaran Al-Qur’an dalam meningkatkan kelancaran membaca Al-Qur’an pada remaja di DesaTuik.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dipadukan dengan metode penelitian deskriptif. Penelitian ini memfokuskan pada pengumpulan data yang bersifat kualitatif ,tidak berbentuk angka atau bersifat angket. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisi data yang digunakan adalah reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), pengambilan kesimpulan (conclusion drawing verification).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Strategi pemebelajaran dalam meningkatkan kelancaran membaca Al-Qur’an pada remaja megunakan strategi klasik, dengan menggunakan metode halaqah,dan tanya jawab. Kemudian dilanjutkan dengan mempelajari Al-Qur’an dari dasar .(2) faktor pendukung dan penghambat strategi dalam meningkatkan kelancaran membaca Al-Qur’an pada remaja adalah minat serta kesadaran remaja mengikuti pembelajaran Al- Qur’an,peran orang tua dalam memotivasi remaja, teman sebaya, dan lingkungan tempat tinggal remaja, serta perbedaan karakter pada remaja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: strategi pembelajaran al-qur’an; kelancaran membaca al-qur’an
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Ayu Lestari
Date Deposited: 13 May 2024 09:16
Last Modified: 13 May 2024 09:16
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1882

Actions (login required)

View Item
View Item