Lestari, Ayu (2023) Strategi pembelajaran al-qur'an dalam meningkatkan kelancaran membaca Al-qur'an pada remaja di Desa Tuik Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman awal-1711021.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (4MB)
BAB I-1711021.pdf
Download (630kB)
BAB II-1711021.pdf
Download (609kB)
BAB III-1711021.pdf
Download (318kB)
BAB IV-1711021-1.pdf
Download (385kB)
BAB V-1711021.pdf
Download (209kB)
Daftar Pustaka-1711021.pdf
Download (252kB)
Abstract
Strategi pembelajaran Al-Qur’an dapat diartikan sebagai taktik atau garis- garis besar haluan yang digunakan para ustadz dalam proses belajara mengajar Al- Qur’an agar dapat mempengaruhi peserta didik (remaja) sehingga tercapai sasaran dan tujuan pembelajaran.
Permasalahan pokok penelitian ini adalah bagimana Strategi pembelajaran Al-Qur’a yang digunakan oleh para Ustadz dalam menigkatkan kelancaran membaca Al-Qur’an pada remaja di Desa Tuik. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana startegi pembelajaran Al-Qur’an dalam meingkatkan kelancaran membaca Al-Qur’an pada remaja di Desa Tuik. (2) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat startegi pembelajaran Al-Qur’an dalam meningkatkan kelancaran membaca Al-Qur’an pada remaja di DesaTuik.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dipadukan dengan metode penelitian deskriptif. Penelitian ini memfokuskan pada pengumpulan data yang bersifat kualitatif ,tidak berbentuk angka atau bersifat angket. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisi data yang digunakan adalah reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), pengambilan kesimpulan (conclusion drawing verification).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Strategi pemebelajaran dalam meningkatkan kelancaran membaca Al-Qur’an pada remaja megunakan strategi klasik, dengan menggunakan metode halaqah,dan tanya jawab. Kemudian dilanjutkan dengan mempelajari Al-Qur’an dari dasar .(2) faktor pendukung dan penghambat strategi dalam meningkatkan kelancaran membaca Al-Qur’an pada remaja adalah minat serta kesadaran remaja mengikuti pembelajaran Al- Qur’an,peran orang tua dalam memotivasi remaja, teman sebaya, dan lingkungan tempat tinggal remaja, serta perbedaan karakter pada remaja
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | strategi pembelajaran al-qur’an; kelancaran membaca al-qur’an |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Ayu Lestari |
Date Deposited: | 13 May 2024 09:16 |
Last Modified: | 13 May 2024 09:16 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1882 |