Pratama, Andhika (2024) Implementasi teknik positive reinforcement pada anak tunagrahita untuk meningkatkan keterampilan menulis di SLB YPAC Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal _1821004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (3MB)
BAB I_1821004.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (103kB) | Request a copy
BAB II_1821004.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (127kB) | Request a copy
BAB III_1821004.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (89kB) | Request a copy
BAB IV_1821004.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (116kB) | Request a copy
BAB V_1821004.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (55kB) | Request a copy
Daftar pustaka_1821004.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (60kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Keterampilan menulis merupakan salah satu aspek terpenting bagi seorang peserta didik dalam melaksanakan proses belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses implementasi teknik positive reinforcement pada anak tunagrahita untuk meningkatkan keterampilan menulis di SLB YPAC Pangkalpinang dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi teknik positive reinforcent pada anak tunagrahita untuk meningkatkan keterampilan menulis di SLB YPAC Pangkalpinang.
Jenis penelitian yang digunakan peneliti yaitu kualitatif deskriptif karena sumber data utama ialah penelitian yang berupa kata-kata dan tindakan orang yang diamati atau diwawancarai dan memberikan kebenaran hasil penelitian dengan cara mendeskripsikan data dan memaparkan data yang diperoleh dari hasil wawancara dan observasi, melalui kata-kata, dokumentasi serta gambar-gambar.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan beberapa wali kelas mengenai implementasi teknik positive reinforcent pada anak tunagrahita untuk meningkatkan keterampilan menulis, maka dalam tahap ini peniliti mengetahui proses teknik reinforcement yang diberikan wali kelas kepada konseli diantaranya : mengidentifikasi masalah, menetapakan tujuan, implementasi teknik reinforcement, evaluasi serta factor penghambat dan pendukung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | teknik positive reinforcemnt; anak tunagrahita; keterampilan menulis |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 361 Kesejahteraan sosial, layanan sosial, bantuan sosial, konseling sosial, bimbingan sosial |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan dan Konseling Islam > Tugas Akhir |
Depositing User: | Andhika Pratama |
Date Deposited: | 08 May 2024 04:39 |
Last Modified: | 08 May 2024 04:39 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1861 |