Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Strategi guru dalam mengembangkan literasi anak dengan media papan huruf di PAUD Adinda Cungfo kecamatan Bakam

Utami, Annisa Nur (2019) Strategi guru dalam mengembangkan literasi anak dengan media papan huruf di PAUD Adinda Cungfo kecamatan Bakam. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of HALAMAN AWAL_1512002.pdf] Text
HALAMAN AWAL_1512002.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (668kB)
[thumbnail of BAB I_1512002.pdf] Text
BAB I_1512002.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[thumbnail of BAB II_ 1512002.pdf] Text
BAB II_ 1512002.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[thumbnail of BAB III_1512002.pdf] Text
BAB III_1512002.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[thumbnail of BAB IV_1512002.pdf] Text
BAB IV_1512002.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[thumbnail of BAB V _1512002.pdf] Text
BAB V _1512002.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_1512002.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_1512002.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)

Abstract

Skripsi ini difokuskan pada strategi guru dalam mengembangkan literasi anak serta penerapannya melalui media papan huruf di PAUD Adinda Cungfo Kecamatan Bakam serta memfokukan kekurangan dan kelebihan media papan huruf dalam pengembangan literasi anak. Untuk tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi guru dalam mengembangkan literasi anak serta penerapannya melalui media papan huruf di PAUD Adinda Cungfo Kecamatan Bakam dan untuk mendeskripsikan kekurangan serta kelebihan media papan huruf dalam mengembangkan literasi anak di PAUD Adinda Cungfo Kecamatan Bakam.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang mendeskripsikan suatu kegiatan pembelajaran yang mengenai tentang strategi guru mengembangkan literasi anak PAUD dengan penggunaan media papan huruf. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang menjelaskan secara menyeluruh dan sesuai dengan peristiwa apa adanya. Proses analisis dengan menelaah data yang telah terkumpul dalam penelitian yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara yang dilakukan dengan guru-guru di sekolah dan diperkuat oleh data lain seperti observasi secara langsung dan dokumentasi.

Hasil penelitian tentang strategi guru dalam mengembangkan literasi anak dengan media papan huruf di PAUD Adinda Cungfo Kecamatan Bakam terbagi menjadi dua. Strategi guru dalam mengembangkan literasi anak serta penerapannya melalui media papan huruf hasil penelitian bahwa strategi guru menjadi tiga, yang pertama strategi yang berpusat pada guru terdiri dari membuat perencanaan pembelajaran, Strategi guru pembelajaran yang berpusat pada anak dengan cara mengembangkan literasi anak secara umum seperti menjelaskan anak menyimak, berkomunikasi dengan mengajak anak berbicara, membaca dan menulis, untuk terakhir strategi pembelajaran yang berpusat pada pengajaran dengan cara mengajak anak menggunakan media papan huruf dengan penerapan melalui saat pembelajaran dan evaluasi. Hasil penelitian kekurangan media terlalu menghabiskan banyak waktu dengan anak lambat mencari kartu huruf dan kelebihan media papan huruf yaitu pembelajaran lebih aktif dan melibatkan keaktifan guru dan anak-anak PAUD Adidna Cungfo

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: strategi guru; literasi anak,; media papan huruf
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Hilda Aryani
Date Deposited: 27 Feb 2023 03:24
Last Modified: 28 Feb 2023 03:21
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/186

Actions (login required)

View Item
View Item