Utami, Annisa Nur (2019) Strategi guru dalam mengembangkan literasi anak dengan media papan huruf di PAUD Adinda Cungfo kecamatan Bakam. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_1512002.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (668kB)
BAB I_1512002.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (141kB)
BAB II_ 1512002.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (219kB)
BAB III_1512002.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (113kB)
BAB IV_1512002.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (178kB)
BAB V _1512002.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (70kB)
DAFTAR PUSTAKA_1512002.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (95kB)
Abstract
Skripsi ini difokuskan pada strategi guru dalam mengembangkan literasi anak serta penerapannya melalui media papan huruf di PAUD Adinda Cungfo Kecamatan Bakam serta memfokukan kekurangan dan kelebihan media papan huruf dalam pengembangan literasi anak. Untuk tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi guru dalam mengembangkan literasi anak serta penerapannya melalui media papan huruf di PAUD Adinda Cungfo Kecamatan Bakam dan untuk mendeskripsikan kekurangan serta kelebihan media papan huruf dalam mengembangkan literasi anak di PAUD Adinda Cungfo Kecamatan Bakam.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang mendeskripsikan suatu kegiatan pembelajaran yang mengenai tentang strategi guru mengembangkan literasi anak PAUD dengan penggunaan media papan huruf. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang menjelaskan secara menyeluruh dan sesuai dengan peristiwa apa adanya. Proses analisis dengan menelaah data yang telah terkumpul dalam penelitian yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara yang dilakukan dengan guru-guru di sekolah dan diperkuat oleh data lain seperti observasi secara langsung dan dokumentasi.
Hasil penelitian tentang strategi guru dalam mengembangkan literasi anak dengan media papan huruf di PAUD Adinda Cungfo Kecamatan Bakam terbagi menjadi dua. Strategi guru dalam mengembangkan literasi anak serta penerapannya melalui media papan huruf hasil penelitian bahwa strategi guru menjadi tiga, yang pertama strategi yang berpusat pada guru terdiri dari membuat perencanaan pembelajaran, Strategi guru pembelajaran yang berpusat pada anak dengan cara mengembangkan literasi anak secara umum seperti menjelaskan anak menyimak, berkomunikasi dengan mengajak anak berbicara, membaca dan menulis, untuk terakhir strategi pembelajaran yang berpusat pada pengajaran dengan cara mengajak anak menggunakan media papan huruf dengan penerapan melalui saat pembelajaran dan evaluasi. Hasil penelitian kekurangan media terlalu menghabiskan banyak waktu dengan anak lambat mencari kartu huruf dan kelebihan media papan huruf yaitu pembelajaran lebih aktif dan melibatkan keaktifan guru dan anak-anak PAUD Adidna Cungfo
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | strategi guru; literasi anak,; media papan huruf |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Hilda Aryani |
Date Deposited: | 27 Feb 2023 03:24 |
Last Modified: | 28 Feb 2023 03:21 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/186 |