Wiranto, Boris (2024) Efektivitas penerapan Konseling Behavioral dengan Teknik Cognitive Restrukturing dalam mengatasi `Irrational Belief peserta didik Kelas VIII SMP N 1 Kep. Pongok. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1915012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (516kB)
BAB I_1915012.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (526kB) | Request a copy
BAB II_1915012.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (363kB) | Request a copy
BAB III_1915012.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (681kB) | Request a copy
BAB IV_1915012.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (167kB) | Request a copy
BAB V_1915012.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (7kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1915012.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (325kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Permasalahan dalam penelitian ini penulis menemukan bahwa banyak peserta didik yang pemikiran yang irasional mengenai tujuan dan fungsi belajar. Siswa yang terganggu, memelihara perilaku yang tidak logis dengan menginternalisasikan kata-kata, ide dan pemikiran yang irasional. Gangguan emosi bukan ditentukan oleh lingkungan atau kejadian diluar dirinya tetapi oleh diri siswa tesebut tentang situasi atau hubungan antara siswa dengan situasi, yang disatukan kedalam kalimat-kalimat negatif pencipta kecemasan serta tanggapan tidak menyenangkan. penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji Efektivitas Penerapan Konseling Behavioral dengan Teknik cognitive restructuring dalam mengatasi irrational belief peserta didik kelas VIII SMPN1 Kep. Pongok
Metode penelitian yang digunakan merupakan metode penelitian kuantitatif. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode angket. Sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 26.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan atau terdapat pengaruh antara variable X (konseling behavioral dengan teknik cognitive retrukturing) dengan variabel Y (irrational belief). Hal ini dapat dilihat dari hasil output SPSS versi 26 yaitu Hasil pengujian uji independent sample test menunjukan hasil sig. (2-tailed) sebesar 0,128. Hasil tersebut menunjukan bahwa nilai signifikansinya lebih dari 0,05 (sig. (2-tailed) > 0,05), sehingga dapat diambil keputusan bahwa variabel X (konseling behavioral dengan teknik cognitive restrukturing) berpengaruh terhadap variabel Y(irrational belief).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | konseling behavioral; cognitive restrukturing; irrasional belief |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Boris Wiranto |
Date Deposited: | 07 May 2024 08:23 |
Last Modified: | 07 May 2024 08:23 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1850 |