Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Efektivitas penerapan Konseling Behavioral dengan Teknik Cognitive Restrukturing dalam mengatasi `Irrational Belief peserta didik Kelas VIII SMP N 1 Kep. Pongok

Wiranto, Boris (2024) Efektivitas penerapan Konseling Behavioral dengan Teknik Cognitive Restrukturing dalam mengatasi `Irrational Belief peserta didik Kelas VIII SMP N 1 Kep. Pongok. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_1915012.pdf] Text
Halaman Awal_1915012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (516kB)
[thumbnail of BAB I_1915012.pdf] Text
BAB I_1915012.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (526kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_1915012.pdf] Text
BAB II_1915012.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (363kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_1915012.pdf] Text
BAB III_1915012.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (681kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_1915012.pdf] Text
BAB IV_1915012.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (167kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_1915012.pdf] Text
BAB V_1915012.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (7kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_1915012.pdf] Text
Daftar Pustaka_1915012.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (325kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:

Permasalahan dalam penelitian ini penulis menemukan bahwa banyak peserta didik yang pemikiran yang irasional mengenai tujuan dan fungsi belajar. Siswa yang terganggu, memelihara perilaku yang tidak logis dengan menginternalisasikan kata-kata, ide dan pemikiran yang irasional. Gangguan emosi bukan ditentukan oleh lingkungan atau kejadian diluar dirinya tetapi oleh diri siswa tesebut tentang situasi atau hubungan antara siswa dengan situasi, yang disatukan kedalam kalimat-kalimat negatif pencipta kecemasan serta tanggapan tidak menyenangkan. penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji Efektivitas Penerapan Konseling Behavioral dengan Teknik cognitive restructuring dalam mengatasi irrational belief peserta didik kelas VIII SMPN1 Kep. Pongok

Metode penelitian yang digunakan merupakan metode penelitian kuantitatif. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode angket. Sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 26.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan atau terdapat pengaruh antara variable X (konseling behavioral dengan teknik cognitive retrukturing) dengan variabel Y (irrational belief). Hal ini dapat dilihat dari hasil output SPSS versi 26 yaitu Hasil pengujian uji independent sample test menunjukan hasil sig. (2-tailed) sebesar 0,128. Hasil tersebut menunjukan bahwa nilai signifikansinya lebih dari 0,05 (sig. (2-tailed) > 0,05), sehingga dapat diambil keputusan bahwa variabel X (konseling behavioral dengan teknik cognitive restrukturing) berpengaruh terhadap variabel Y(irrational belief).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: konseling behavioral; cognitive restrukturing; irrasional belief
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Boris Wiranto
Date Deposited: 07 May 2024 08:23
Last Modified: 07 May 2024 08:23
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1850

Actions (login required)

View Item
View Item