Pratama, Ilham (2024) Penerapan Bimbingan Behavioral dengan teknik Modelling dalam mengembangkan sikap mandiri pada anak Tunagrahita ringan di SLB YPAC Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1921020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (3MB)
BAB I_1921020.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (704kB) | Request a copy
BAB II_1921020.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (445kB) | Request a copy
BAB III_1921020.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (361kB) | Request a copy
BAB IV_1921020.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (613kB) | Request a copy
BAB V_1921020.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (236kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1921020.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (324kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Bimbingan merupakan suatu proses pemberian bantuan yang terus menerus dan sistematis kepada individu dalam memecahkan masalah yang dihadapinya, agar tercapai kemampuan untuk dapat memahami, menerima, mengarahkan dan merealisasikan dirinya sesuai dengan potensi atau kemampuannya. Bimbingan yang digunakan berupa bimbingan behavioral dengan teknik modelling ditujukan kepada anak tunagrahita ringan jenjang SD-LB yang bertujuan untuk membentuk perilaku baru pada anak tersebut dan memperkuat perilaku yang sudah terbentuk dalam hal sikap mandiri. Agar anak tunagrahita ringan tidak memiliki ketergantungan yang berlebih dengan orang lain dan memiliki sikap mandiri.
Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan penelitian lapangan (field research) untuk memperoleh data empiris. Pengumpulan data dilakukan dari observasi, wawancara dan dokumentasi dan analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dua rumusan masalah yaitu proses penerapan teknik modelling teori dari Bandura & McClelland dilakukan dengan langkah-langkah seperti proses atensi, Proses retensi, Proses reproduksi motorik dan Proses penguatan dan motivasi juga hasil yang didapatkan dari proses penerapan teknik modelling teori dari Havighurst dalam sa’diyah dilihat dari empat ciri yaitu kemandirian secara fisik, kemandirian emosional, kemampuan sosial dan kemampuan intelektual. Hasil yang didapatkan dari proses bimbingan behavioral dengan teknik modelling dalam mengembangkan sikap mandiri anak tunagrahita ringan jenjang SD-LB ini mengalami peningkatan yang cukup baik meskipun tidak signifikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | bimbingan behavioral; teknik modelling; anak tunagrahita ringan; sikap mandiri |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.9 Pendidikan Khusus, Pendidikan Luar Biasa, Pendidikan Inklusif, Pendidikan Inklusi |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan dan Konseling Islam > Tugas Akhir |
Depositing User: | Ilham Pratama |
Date Deposited: | 07 May 2024 06:09 |
Last Modified: | 07 May 2024 06:09 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1846 |