Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Korelasi antara latar belakang pendidikan dengan kemampuan membaca Al-Qur’an mahasiswa IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Hajida, Hajida (2020) Korelasi antara latar belakang pendidikan dengan kemampuan membaca Al-Qur’an mahasiswa IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of HALAMAN AWAL.pdf] Text
HALAMAN AWAL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[thumbnail of 10. BAB 1.pdf] Text
10. BAB 1.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (491kB)
[thumbnail of 11. BAB 2.pdf] Text
11. BAB 2.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (826kB)
[thumbnail of 12. BAB 3.pdf] Text
12. BAB 3.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)
[thumbnail of 13. BAB 4.pdf] Text
13. BAB 4.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (570kB)
[thumbnail of 14. BAB 5.pdf] Text
14. BAB 5.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[thumbnail of 15. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)

Abstract

INDONESIA:

Penelitian ini dilatar belakangi dengan masih adanya mahasiswa program studi PAI angkatan 2016 yang tidak lulus tes kemampuan membaca al-Qur’an sebagai persyaratan ujian munaqosyah. Peneliti berasumsi bahwa mahasiswa program studi PAI memiliki perbedaan kemampuan dalam membaca al-Qur’an disebabkan perbedaan latar belakang pendidikan yang pernah ditempuh sebelumnya. Tujuan penelitian ini adalah; 1) Untuk mengetahui tingkat kemampuan membaca al-Qur’an mahasiswa lulusan MA pada prodi PAI angkatan 2016 IAIN SAS BABEL. 2) Untuk mengetahui tingkat kemampuan membaca al- Qur’an mahasiswa lulusan Non MA pada prodi PAI angkatan 2016 IAIN SAS BABEL. 3) Untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan membaca al-Qur’an antara mahasiswa lulusan MA dan Non MA.

Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif komparasional. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, yaitu membaca al-Qur’an Q.S al-Baqarah ayat 5, 84 dan 85. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa PAI angkatan 2016 IAIN SAS BABEL dari kelas A sampai kelas E yang berjumlah 149 mahasiswa. Sedangkan sampelnya adalah sebanyak 108 mahsiswa. Pengambilan sampel menggunakan jenis probability random sampling dengan teknik sample random sampling.

Kajian ini menunjukan hasil penelitian; 1) Sebagian besar kemampuan membaca al-Qur’an mahasiswa lulusan MA pada program studi PAI angkatan 2016 IAIN SAS BABEL berada pada kategori tinggi, yaitu sebanyak 31 mahasiswa dari 42 mahasiswa dengan perolehan persentase 73,8%. Pada interval 89-96. 2) Sebagian besar kemampuan membaca al-Qur’an mahasiswa lulusan non MA pada program studi PAI angkatan 2016 IAIN SAS BABEL berada pada kategori sedang, yaitu sebanyak 66,6% atau sebanyak 44 mahasiswa dari 66 mahasiswa pada interval 82-89. 3) Dari hasil uji beda menggunakan SPSS dengan pendekatan Independent Sample Test, didapatkan nilai signifikansi 2-tailed sebesar 0,039<0,05 yang berarti alternatif Ha diterima dan Ho ditolak, dengan kesimpulan penelitian bahwa terdapat perbedaan kemampuan membaca al-Qur’an mahasiswa yang signifikan antara lulusan MA dan Non MA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: madrasah aliyah; non madrasah aliyah; kemampuan membaca al-qur’an
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.0 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Randa Wicaksono
Date Deposited: 24 Apr 2024 03:16
Last Modified: 24 Apr 2024 03:22
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1820

Actions (login required)

View Item
View Item