Hajida, Hajida (2020) Korelasi antara latar belakang pendidikan dengan kemampuan membaca Al-Qur’an mahasiswa IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (3MB)
10. BAB 1.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (491kB)
11. BAB 2.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (826kB)
12. BAB 3.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (474kB)
13. BAB 4.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (570kB)
14. BAB 5.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (258kB)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (371kB)
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini dilatar belakangi dengan masih adanya mahasiswa program studi PAI angkatan 2016 yang tidak lulus tes kemampuan membaca al-Qur’an sebagai persyaratan ujian munaqosyah. Peneliti berasumsi bahwa mahasiswa program studi PAI memiliki perbedaan kemampuan dalam membaca al-Qur’an disebabkan perbedaan latar belakang pendidikan yang pernah ditempuh sebelumnya. Tujuan penelitian ini adalah; 1) Untuk mengetahui tingkat kemampuan membaca al-Qur’an mahasiswa lulusan MA pada prodi PAI angkatan 2016 IAIN SAS BABEL. 2) Untuk mengetahui tingkat kemampuan membaca al- Qur’an mahasiswa lulusan Non MA pada prodi PAI angkatan 2016 IAIN SAS BABEL. 3) Untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan membaca al-Qur’an antara mahasiswa lulusan MA dan Non MA.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif komparasional. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, yaitu membaca al-Qur’an Q.S al-Baqarah ayat 5, 84 dan 85. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa PAI angkatan 2016 IAIN SAS BABEL dari kelas A sampai kelas E yang berjumlah 149 mahasiswa. Sedangkan sampelnya adalah sebanyak 108 mahsiswa. Pengambilan sampel menggunakan jenis probability random sampling dengan teknik sample random sampling.
Kajian ini menunjukan hasil penelitian; 1) Sebagian besar kemampuan membaca al-Qur’an mahasiswa lulusan MA pada program studi PAI angkatan 2016 IAIN SAS BABEL berada pada kategori tinggi, yaitu sebanyak 31 mahasiswa dari 42 mahasiswa dengan perolehan persentase 73,8%. Pada interval 89-96. 2) Sebagian besar kemampuan membaca al-Qur’an mahasiswa lulusan non MA pada program studi PAI angkatan 2016 IAIN SAS BABEL berada pada kategori sedang, yaitu sebanyak 66,6% atau sebanyak 44 mahasiswa dari 66 mahasiswa pada interval 82-89. 3) Dari hasil uji beda menggunakan SPSS dengan pendekatan Independent Sample Test, didapatkan nilai signifikansi 2-tailed sebesar 0,039<0,05 yang berarti alternatif Ha diterima dan Ho ditolak, dengan kesimpulan penelitian bahwa terdapat perbedaan kemampuan membaca al-Qur’an mahasiswa yang signifikan antara lulusan MA dan Non MA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | madrasah aliyah; non madrasah aliyah; kemampuan membaca al-qur’an |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.0 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Randa Wicaksono |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 03:16 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 03:22 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1820 |