Mahdaniar, Fitri (2020) Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik Kelas Xii Di Smks Yapentob Toboali. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
12. BAB 1.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (360kB)
13. BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (368kB)
14. BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (321kB)
15. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (315kB)
16. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (107kB)
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (223kB)
Abstract
INDONESIA:
Latar belakang masalah penelitian ini adalah (1) peserta didik kurang fokus pada saat belajar, (2) rendahnya pemahaman peserta didik terkait dengan materi yang diajarkan oleh pendidik, (3) ada pula peserta didik yang tidak memperhatikan pada saat pendidik menjelaskan materi, (4) pada saat pemberian tugas peserta didik malas untuk berpikir dan mencari jawaban, (5) peserta didik masih malu untuk bertanya dan menyampaikan pendapatnya. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan sebagai usaha perbaikan terhadap berbagai permasalahan pembelajaran PAI. Salah sata usaha yang dapat dilakukan pendidik adalah menggunakan model pembelajaran yanag tepat, yaitu dengan menggunakan model PBL yang dapat mengaitkan materi dengan realitas yang terjadi di lingkungan sekitar dan mampu meningkatkan kemampuan peserta didik untuk dapat berpikir kritis dalam menghadapi masalah-masalah yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model PBL pada mata pelajaran PAI dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik khususnya di kelas XII
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model PBL dalam pada mata pelajaran PAI di kelas XII dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang menunjukkan adanya peningkatan yang terlihat pada pertemuan pertama dan kedua tersebut, yaitu peserta didik dapat mengembangkan keterampilannya dalam memecahkan suatu persoalan, dapat berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran, menjawab pertanyaan dan memberikan tanggapan pada kelompok lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | problem based learning; berpikir kritis |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Randa Wicaksono |
Date Deposited: | 19 Apr 2024 09:09 |
Last Modified: | 19 Apr 2024 09:09 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1813 |