Fauzi, Fauzi (2020) Membangun Interaksi Edukatif melalui Pembelajaran PAI (Studi terhadap Guru PAI di SDN se Kecamatan Riau Silip Kabupaten Bangka). Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
10) BAB I-converted.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (173kB)
11) BAB II fauzi-converted.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (339kB)
12) BAB III fauzi - Copy-converted.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (182kB)
13) BAB IV FAUZI-converted.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (420kB)
14) BAB V - Copy-converted.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (128kB)
15) DAFTAR PUSTAKA SEMENTARA - Copy-converted.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (147kB)
Abstract
INDONESIA:
Diambilnya permasalahan ini berdasarkan pertimbangan bahwa standar Interaksi edukatif tidak tercapai dengan sempurna sehingga membuat guru Pendidikan Agama Islam tidak puas dengan hasil pencapaiannya. Dalam interaksi edukatif pencapaian yang sempurna adalah hal utama, yaitu siswa dapat menguasai keseluruhan pembelajaran dan menguasai penuh berbagai aspek yang diajarkan oleh guru Pendidikan Agama Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cara membangun interaksi edukatif guru Pendidikan Agama Islam dengan murid di SDN se Kecamatan Riau Silip, dan untuk mengetahui Apa saja capaian yang diperoleh guru PAI dengan muridnya dalam interaksi edukatif tersebut.
Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data utamanya dilakukan melalui dokumentasi berupa hasil dari pencapaian interaksi edukatif yaitu nilai USBN, dan diperkuat dengan pengamatan (observasi) serta wawancara mendalam. Teknik pengumpulan data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, selanjutnya diuji keabsahan dengan Perpanjangan Pengamatan, Meningkatkan Ketekunan, Triangulasi, Menggunakan Bahan Referensi, dan Mengadakan Membercheck.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dengan sekolah yang mendapatkan nilai tertinggi teratas menggunakan berbagai macam metode, diantaranya adalah metode visual audio, dan juga metode moving class yang menjadi andalannya untuk meningkatkan interaksi edukatif. Sekolah yang mendapatkan nilai tertinggi menengah menggunakan metode ceramah dan diskusi sebagai cara membangun interaksi edukatif. Sedangkan, sekolah yang mendapatkan nilai tertinggi terbawah menggunakan satu metode yang dominan yaitu metode ceramah. Secara keseluruhan pada pembelajaran PAI, SDN se kecamatan Riau Silip mendapatkan predikat baik (apabila bahan pelajaran yang diajarkan hanya 75% s/d 84% dikuasai siswa) dalam standar interaksi edukatif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | interaksi edukatif; pembelajaran pai |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Randa Wicaksono |
Date Deposited: | 19 Apr 2024 08:50 |
Last Modified: | 19 Apr 2024 08:50 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1811 |