Yuli, Yuli (2021) Bimbingan individu dalam meningkatkan kemampuan penyesuaian sosial pada anak Tunagrahita ringan tingkat: SMP di SLB YPAC Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh AbdurrahmaIn Siddik.
HALAMAN AWAL_1721031.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I _1721031.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (420kB)
BAB II _1721031.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (465kB)
BAB III _1721031.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (260kB)
BAB IV _1721031.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (363kB)
BAB V_1721031.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (197kB)
DAFTAR PUSTAKA _1721031.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (242kB)
Abstract
INDONESIA:
Tunagrahita atau terbelakang mental merupakan kondisi yang mana perkembangan kecerdasan individu mengalami hambatan, sehingga tidak mencapai tahap perkembangan yang optimal. Kecerdasan berfikir seseorang tunagrahita ringan paling tinggi sama seperti anak normal usia 12 tahun. Disaat anak tunagrahita berumur 16 tahun, kecerdasannya sama dengan anak yang normal yang berumur 12 tahun. Sehingga anak tunagrahita ringan memiliki hambatan dalam dimensi kehidupan sehari-hari. Anak tunagrahita ringan memiliki perbedaan dengan anak yang normal misalnya dari segi penyesuaian sosial dan bahkan hampir tidak dapat menempatkan diri ketika pelajaran berlangsung.
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Untuk menjamin keabsahan data digunakan triangulasi sumber. Sedangkan proses analisis datanya menggunakan analisis yang terdiri reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Selanjutnya, hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan individu dalam meningkatkan kemampuan penyesuaian sosial pada anak tunagrahita ringan telah dilaksanakan oleh guru yaitu menggunakan metode diskusi dan dilakukan secara individual yang dilaksanakan sebelum kegiatan belajar mengajar. Bimbingan yang diberikan oleh guru bertujuan agar anak tunagrahita bisa menyesuaikan dirinya dengan lingkungan sekitarnya. Bimbingan yang diberikan oleh guru berupa pemberian informasi mengenai penyesuaian sosial yang baik dan program bina diri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | : bimbingan individu; penyesuaian sosial; tunagrahita ringan |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan dan Konseling Islam > Tugas Akhir |
Depositing User: | Hilda Aryani |
Date Deposited: | 18 Apr 2024 04:47 |
Last Modified: | 18 Apr 2024 04:47 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1802 |