Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Bimbingan vokasional bagi anak tunagrahita ringan melalui ekstrakurikuler literasi di SLB YPAC Pangkalpinang

Wardati, Melinia Fitri (2021) Bimbingan vokasional bagi anak tunagrahita ringan melalui ekstrakurikuler literasi di SLB YPAC Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh AbdurrahmaIn Siddik.

[thumbnail of HALAMAN AWAL_1721017.pdf] Text
HALAMAN AWAL_1721017.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)
[thumbnail of BAB I _1721017.pdf] Text
BAB I _1721017.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[thumbnail of BAB II _1721017.pdf] Text
BAB II _1721017.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[thumbnail of BAB III _1721017.pdf] Text
BAB III _1721017.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[thumbnail of BAB I V_1721017.pdf] Text
BAB I V_1721017.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[thumbnail of BAB V_1721017.pdf] Text
BAB V_1721017.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_1721017.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_1721017.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)

Abstract

INDONESIA:
Bimbingan merupakan proses layanan yang diberikan kepada individu guna membantu mereka memperoleh pengetahuan dalam membuat pilihan, rencana, dan interpretasi yang diperlukan untuk menyesuaikan diri. Bimbingan ini berupa bimbingan vokasional yang didefinisikan sebagai proses pemberian bantuan terhadap individu melalui bakat dan potensi yang dimilikinya agar ke depannya dapat menentukan suatu pekerjaan dan mampu belajar dari sebuah pengalaman untuk terus berkembang. Bimbingan vokasional ini ditujukan kepada anak tunagrahita ringan SMP-LB, karena dalam perkembangannya mereka membutuhkan kemampuan khusus untuk kelak berbaur di masyarakat. Dalam penulisan skripsi ini, penulis menggunakan jenis penelitian yang relevan yakni menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan secara observasi, wawancara, serta dokumentasi resmi dan tertulis. Hasil yang didapatkan dari proses bimbingan vokasional bagi anak tunagrahita ringan melalui ekstrakurikuler literasi ini mengalami kemajuan yang cukup baik meskipun tidak signifikan. Setelah mengikuti proses bimbingan ini, perkembangan kognitif serta motorik setiap anak mengalami peningkatan dan berkembang makin baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: bimbingan vokasional; anak tunagrahita ringan, ekstrakurikuler literasi.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan dan Konseling Islam > Tugas Akhir
Depositing User: Hilda Aryani
Date Deposited: 28 Mar 2024 06:54
Last Modified: 28 Mar 2024 06:54
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1786

Actions (login required)

View Item
View Item