Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Dampak pembiasaan membaca asmaul husna terhadap peningkatan religiusitas pada siswa di SD Negeri 21 Pangkal Pinang

Rahmani, Nilla Ayunda (2024) Dampak pembiasaan membaca asmaul husna terhadap peningkatan religiusitas pada siswa di SD Negeri 21 Pangkal Pinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of halaman awal_1911117.pdf] Text
halaman awal_1911117.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I_1911117.pdf] Text
BAB I_1911117.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (416kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_1911117.pdf] Text
BAB II_1911117.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (674kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_1911117.pdf] Text
BAB III_1911117.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (333kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_1911117.pdf] Text
BAB IV_1911117.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (729kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_1911117.pdf] Text
BAB V_1911117.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (265kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_1911117.pdf] Text
Daftar Pustaka_1911117.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (246kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan di sekolah yaitu adanya krisis moral dan penyimpangan kecil, beberapa siswa sering mencontek, kurang sopan santun, serta adanya bullying. Hal ini bisa berpengaruh pada religiusitas siswa. Untuk mengatasi hal itu, usaha yang dilakukan SD Negeri 21 Pangkal Pinang adalah menerapkan pembiasaan kegiatan keagamaan seperti pembiasaan membaca Asmaul Husna untuk meningkatkan religiusitas dalam diri siswa. Oleh karena itu peneliti mencoba untuk meneliti bagaimana dampak pembiasaan membaca Asmaul Husna dan kegiatan penerapan pembiasaan membaca Asmaul Husna terhadap peningkatan religiusitas pada siswa di SD Negeri 21 Pangkal Pinang.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi (pengamatan), wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan ada beberapa tahap yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan dampak dari membaca Asmaul Husna terhadap peningkatan religiusitas siswa SD Negeri 21 Pangkal Pinang. (1) taat kepada Allah tidak berdampak pada ibadah sholat ssiwa, dikarenakan siswa masih banyak yang tidak mengerjakan sholat lima waktu. (2) siswa sudah bisa menerapkan sikap syukur ketika sudah membaca Asmaul Husna. (3) siswa sudah menunjukkan sikap ikhlas ketika memimpin baca Asmaul Husna. (4) siswa sudah menunjukkan sikap sabar dalam membaca Asmaul Husna. (5) siswa sudah menunjukkan sikap jujur ketika dipilih memimpin bacaan Asmaul Husna. (6) siswa sudah meyakini Asmaul Husa. (7) siswa sudah mengetahui makna Ar- Rahman. (8) siswa sudah menunjukkan sikap Ar-Rahim. Dalam program pembiasaan membaca Asmaul husna di SD Negeri 21 Pangkal Pinang dilaksanakan dengan rutin di hari Jum‟at, sudah terprogram dengan baik, dan selalu memberikan keteladanan yang baik kepada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: pembiasaan; asmaul husna; religiusitas; siswa
Subjects: 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam > 297.5 Etika Islam; Praktik Keagamaan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Nilla Ayunda Rahmani
Date Deposited: 20 Mar 2024 03:41
Last Modified: 20 Mar 2024 03:41
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1744

Actions (login required)

View Item
View Item