Aripin, Zahrial (2024) Implementasi pembelajaran fiqih materi wudhu di kelas VII MTs Al-Islam Kemuja Kecamatan Mendo Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1911232.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (690kB)
BAB I_1911232.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (607kB) | Request a copy
BAB II_1911232.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (714kB) | Request a copy
BAB III_1911232.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (588kB) | Request a copy
BAB IV_1911232.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (605kB) | Request a copy
BAB V_1911232.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (441kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1911232.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (581kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Pembelajaran fiqih wudhu merupakan mata pelajaran agama Islam yang harus diutamakan dalam Islam untuk mempelajarinya. Pentingnya dalam proses pembelajaran, pendidik memberikan suatu pembelajaran fiqih thaharah tentang berwudhu kepada peserta didik agar dapat memahami secara mendalam terkait sesuatu penerapan wudhu yang baik, sehingga nantinya peserta didik dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, pendidik dapat menyusun rancangan yang baik sebelum memberikan pengajaran seperti menyiapkan perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi dari pembelajaran yang hendak disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran fiqih thaharah tentang materi wudhu, serta menjelaskan mengenai faktor pendukung dan penghambat dalam proses pelaksanaan pembelajaran fiqih materi wudhu.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dimana penelitian kualitatif ini menggambarkan penjelasan terkait fenomena secara rinci. Data dikumpulkan dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya di analisis dengan mengumpulkan data, merangkum, menyajikan data dan melakukan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, implementasi pembelajaran fiqih materi wudhu dilaksanakan dalam tiga tahapan yaitu tahap perencanaan pembelajaran, tahap pelaksanaan pembelajaran, dan tahap evaluasi hasil pembelajaran. Adapun faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pembelajaran fiqih adalah pertama, faktor pendukung dari pendidik yaitu dilihat dari kemampuan dan kualitas seorang pendidik dalam pembawaan pengajaran secara professional, dan pada segi sarana dan prasarana yang memadai sebagai penunjang proses pembelajaran. Kedua, faktor penghambat yang terdiri dari peserta didik, mulai dari minat belajar, kondisi jasmani, kedisiplinan, dan kegiatan aktivitas. Dan pada situasi lingkungan belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | implementasi; pembelajaran fiqih; wudhu |
Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam > 297.14 Ilmu Fikih/Hukum Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Zahrial Aripin |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 04:39 |
Last Modified: | 13 Mar 2024 03:34 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1738 |