Elvina, Delvi (2024) Implementasi seni tari kreasi dalam mengembangkan kepercayaan diri anak pada kelompok B di TK Kasih Ayu Kelapa Kecematan Kelapa Kabupaten Bangka Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1812012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (985kB)
BAB I_1812012.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (791kB) | Request a copy
BAB II_1812012.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (471kB) | Request a copy
BAB III_1812012.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (311kB) | Request a copy
BAB IV_1812012.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (519kB) | Request a copy
BAB V_1812012.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (10kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1812012.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (193kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Percaya diri adalah satu aspek kepribadian yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Orang yang percaya diri yakin atas kemampuan mereka sendiri serta memiliki pengharapan yang realistis, bahkan ketika harapan mereka terwujud, mereka tetap berpikiran positif dan dapat menerimanya. Percaya diri merupakan suatu kebutuhan bagi setiap individu. Jika anak memiliki rasa percaya diri, maka mereka telah siap menghadapi kehidupan yang penuh tantangan. Sebaliknya, orang yang tidak percaya diri cenderung memiliki pikiran negatif dan tertutup akan kemampuan dirinya sendiri. Tanpa adanya rasa percaya diri akan menghambat perkembangan semua potensi yang dimiliki anak. Masalah yang muncul yaitu anak tidak bisa mengembangkan imajinasi karena terbebani rasa malu, tidak bisa mengatasi masalah, tidak mampu berinteraksi dengan teman, dan lain-lain. Kepercayan diri anak menurut Sartika yakin atas semua tantangan yang laluinya.
Adapun implementasi tari kreasi dalam mengembangkan kepercayaan diri anak pada kelompok B di Tk kasi ayu kelapa kecematan kelapa kabupaten bangka barat ini sebagai beirkut: (a) Guru menentukan tujuan kegiatan pembelajaran yang akan di lakukan(b) Guru menysun matari pembelajaran(c) Guru menetapkam media yang akan di gunakan (d) Guru mempersiapkan alat dan media yang akan di gunakan (e) Menentukan alat peneliti (f) Guru meleksanakan kegiatan awal (g) Guru meleksankan pembelajaran inti (h) Guru meleksanakan kegiatan penutup (i) Guru melakukan penilaian pada anak Berikut tentang hasil implementasi tari krasi dalam mengembangkan kepercyaan diri anak pada kelompok B di TK Kasih Ayu Kelapa Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat dapat peneliti simpulkan bahwa: (a) Anak mampu mengkomunikasikan pikiran serta perasaan dengan baik (b) Anak mampu melakukan aktivitas dengan bebas dan gembira (c) Anak mampu merasa bangga dengan kelebihan yang memmilikinya (d) Anak mampu memutuskan tanpa harus bergantungan terhadap orang tua (e) Anak mampu menunjukan rasa tanggung jawab (f) Anak mampu lebih mudah beradaptasi dilingkungan sekitarnya atau lingkungan baru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | implementasi; tari kreasi; percaya diri |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 155 Psikologi diferensial dan psikologi perkembangan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Delvi Elvina |
Date Deposited: | 07 Mar 2024 05:26 |
Last Modified: | 07 Mar 2024 05:26 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1736 |