Raweni, Raweni (2024) Hubungan kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar pendidikan agama Islam dan budi pekerti peserta didik kelas VIII di SMPN 5 Toboali. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1911142.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (914kB)
BAB I_1911142.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (243kB) | Request a copy
BAB II_1911142.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (252kB) | Request a copy
BAB III_1911142.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (460kB) | Request a copy
BAB IV_1911142.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (725kB) | Request a copy
BAB V_1911142.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (304kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1911142.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (201kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini membahas tentang hubungan kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti peserta didik kelas VIII di SMPN 5 Toboali, dengan rumusan masalah yakni "bagaimana hubungan kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti peserta didik kelas VIII di SMPN 5 Toboali." Tujuan penelitian ini yaitu "guna memahami hubungan kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti peserta didik kelas VIII di SMPN 5 Toboali."
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di SMPN 5 Toboali yang berjumlah 62 orang dengan menggunakan metode random sampling. Data diperoleh melalui instrumen angket, dokumentasi dan observasi kelas, dianalisis statistik deskriptif dengan menggunakan bantuan SPSS versi 16.00.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kompetensi pedagogik guru dengan hasil hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti peserta didik kelas VIII di SMPN 5 Toboali. Berdasarkan hasil perhitungan analisis deskriptif diperoleh t_hitung = 3,521 sementara t_tabel = 2,000. Jadi, t_hitung> t_tabel. Gambaran kompetensi pedagogik guru di SMPN 5 Toboali berada pada kategori baik yakni 75,378%. Hasil perhitungan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berada pada kategori sedang yakni 47%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | kompetensi pedagogik guru; hasil belajar |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar, Ahli Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Raweni raweni |
Date Deposited: | 06 Mar 2024 08:32 |
Last Modified: | 06 Mar 2024 08:32 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1733 |