Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Pengaruh bimbingan kelompok menggunakan teknik play therapy untuk meningkatkan kepercayaan diri pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Mendo Barat

Yumega, Yumega (2024) Pengaruh bimbingan kelompok menggunakan teknik play therapy untuk meningkatkan kepercayaan diri pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Mendo Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_2015053.pdf] Text
Halaman Awal_2015053.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (797kB)
[thumbnail of BAB I_2015053.pdf] Text
BAB I_2015053.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (98kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_2015053.pdf] Text
BAB II_2015053.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (308kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_2015053.pdf] Text
BAB III_2015053.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (335kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_2015053.pdf] Text
BAB IV_2015053.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (373kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_2015053.pdf] Text
BAB V_2015053.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (45kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_2015053.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_2015053.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (172kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA :
Dari permasalahan ini, terdapat peserta didik yang rasa percaya dirinya kurang itu dapat dilihat pada saat proses belajar mengajar secara berlangsung yaitu pada saat peserta didik kelas VII, dimana pada tahap ini perpindahan dari SD mereka masih terbawa dengan kondisi SD notabeni yang banyak bermain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis berapa besar peningkatan kepercayaan diri peserta didik bimbingan kelompok menggunakan teknik play therapy untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Mendo Barat.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dalam bentuk desain non-equivalent control group desain. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi yang ditujukan untuk memperoleh data secara langsung. Proses analisis data dalam penelitian ini uji coba instrumen dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas, menyebarkan angket yang valid dan reliabel. Setelah didapatkan data, Selanjutnya analisis data menggunakan uji hipotesis independent sample t-test dengan bantuan program SPSS versi 26.

Setelah dilakukan Penelitian, dari hasil pengolahan SPSS versi 26. Adapun kesimpulan penelitian ini di paparan sebagai berikut. Pertama peningkatan kepercayaan diri peserta didik kelompok yang tidak diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik play therapy dengan rata-rata 137,8 kelompok eksperimen dan 138,2 kelompok kontrol, berarti kedua kelompok masuk pada kategori sedang. Kedua peningkatan kepercayaan diri peserta didik kelompok yang diberikan layanan bimbingan kelompok pada teknik play therapy dengan rata-rata 202,3 kelompok eksperimen dan 187,4 kelompok kontrol, berarti kedua kelompok masuk pada kategori sangat tinggi. Ketiga perbedaan kepercayaan diri peserta didik yang diberikan layanan bimbingan kelompok pada teknik play terapy dengan kelompok yang tidak diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik play therapy, diperoleh nilai 0,000 yang artinya nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 (p 0,000 < 0,05). Sehingga kesimpulannya hasilnya menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan pada peningkatan kepercayaan diri peserta didik antara kelompok yang diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik play therapy dengan kelompok yang diberikan layanan bimbingan konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: bimbingan kelompok; play therapy; kepercayaan diri
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Yumega Yumega
Date Deposited: 27 Feb 2024 07:58
Last Modified: 28 Feb 2024 01:49
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1715

Actions (login required)

View Item
View Item