Wasilah, Nurul (2024) Efektivitas layanan konseling kelompok dengan teknik self instruction untuk mengurangi stres akademik peserta didik SMA Negeri 4 Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_2015010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (690kB)
BAB I_2015015.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (230kB) | Request a copy
BAB II_2015015.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (254kB) | Request a copy
BAB III_2015015.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (189kB) | Request a copy
BAB IV_2015015.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (412kB) | Request a copy
BAB V_2015015.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (24kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_2015015.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (155kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan konseling kelompok dengan teknik self instruction untuk mengurangi stres akademik peserta didik SMA Negeri 4 PangkalPinang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 10 peserta didik dengan kategori stres akademik tinggi. Dalam proses pengolahan data digunakan skor murni yang berasal dari perhitungan model Rasch. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner stres akademik yang dimodifikasi dari Gadzella’s Student-Life Stress inventori (SLSI). Metode pegolahan data yang digunakan dalam pengujian hipotesis adalah paired sample t test.
Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan paired sample t test diperoleh nilai Ttabel 2,262 dan Thitung 27,463 artinya Ttabel < Thitung. dan nilai Sig.(2-tailed) < 0,05 yaitu 0,000. Dari hasil uji paired sample t test menunjukkan adanya perubahan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik self instruction efektif untuk mengurangi stres akademik peserta didik SMA Negeri 4 PangkalPinang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | konseling kelompok; self instruction; stres akademik |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Nurul Wasilah |
Date Deposited: | 29 Feb 2024 03:50 |
Last Modified: | 29 Feb 2024 03:50 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1713 |