Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Pengaruh penerapan model pembelajaran index card match terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada peserta didik kelas IV di SD Negeri 39 Pangkalpinang

Ikrima, Nina (2024) Pengaruh penerapan model pembelajaran index card match terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada peserta didik kelas IV di SD Negeri 39 Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_1811257.pdf] Text
Halaman Awal_1811257.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (556kB)
[thumbnail of BAB I_1811257.pdf] Text
BAB I_1811257.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (243kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_1811257.pdf] Text
BAB II_1811257.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (312kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_1811257.pdf] Text
BAB III_1811257.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (183kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_1811257.pdf] Text
BAB IV_1811257.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (343kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_1811257.pdf] Text
BAB V_1811257.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (67kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_1811257.pdf] Text
Daftar Pustaka_1811257.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (55kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Tujuan peneliti melakukan penelitian ini adalah untuk memperoleh
pemahaman perihal peningkatan belajar Pendidikan Agama Islam sebelum dan setelah menggunakan Model pembelajaran Index Card Match di SD Negeri 39 Pangkalpinang, serta untuk memperoleh pemahaman perihal adakah pengaruh model pembelajaran Index Card Match dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 39 Pangkalpinang. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksakan di SD Negeri 39 Pangkalpinang, yang belrlokasi di jalan Arwana III kellurahan Gabelk 1 Kelcamatan Gabelk kota Pangkalpinang. Kajian ini dijalankan pada bulan Selptelmbelr 2022 sampai delngan Novelmbelr 2023.

Berdasarkan hasil penelitian yang didapat Skor tertinggi kelompok eksperimen dan kontrol yaitu 68. Skor terendah kelompok eksperimen dan kontrol yaitu 52. Sedangkan untuk skor rata-rata kelompok ekperimen yaitu 60,00 dan kelompok kontrol yaitu 60,25. Skor total pada kelompok eksperimen yaitu 900 dan kelompok kontrol 964. Simpangan baku pada kelompok eksperimen yaitu 5,855 dan kelompol kontrol 4,946. Skor tertinggi kelompok eksperimen yaitu 88 dan kontrol yaitu 72. Skor terendah kelompok eksperimen yaitu 76 dan kontrol yaitu 56. Sedangkan untuk skor rata-rata kelompok ekperimen yaitu 81,60 dan kelompok kontrol yaitu 64,00. Skor total pada kelompok eksperimen yaitu 1224 dan kelompok kontrol 1024. Simpangan baku pada kelompok eksperimen yaitu 4,485 dan kelompol komtrol 5,657. Hasil analisis uji hipotesis menggunakan uji paired- sampel t test. Tabel diatas menunjukan bahwa pada kelompok eksperimen memiliki nilai signifikansi 0,00 atau nilai sig < 0,05, sedangkan pada kelompok kontrol menunjukan nilai signifikansi 0,110 atau nilai sig > 0,05. Adapun hal tersebut menunjukan bahwa pada kelompok eksperimen ada pengaruh antara model pembelajaran Index Card Match terhadap hasil belajar PAI peserta didik kelas IV SDN 39 Pangkalpinang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: model pembelajaran; index card match; hasil belajar
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Nina Ikhrima
Date Deposited: 22 Feb 2024 04:00
Last Modified: 22 Feb 2024 04:00
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1703

Actions (login required)

View Item
View Item